3 Tahun ND, Bumikan Sila Kelima Pancasila Jadi Misi Ngangenin

736

BOGOR – Bertempat di salah satu gedung di Jalan Sumadiredja, Palasari, Cijeruk komunitas yang didominasi kaum hawa penggiat sosial yang menamakan diri Nanjeurkeun Duduluran (ND) rayakan hari jadinya ke-3, Minggu (1/11/2020). Gelaran ulang tahun tersebut berlangsung meriah dihadiri sekitar 100 anggota komunitas yang memiliki perwakilan di kota dan Kabupaten Bogor dengan ketua umumnya Zuhrotusadiah, dan ketuanya Harus Jakarsih.

Rangkaian acara dengan pemandunya Deril Bond dan Linda Zulfa ini dibuka dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya, disusul pembacaan doa kebangsaan. Seterusnya, sambutan dari Ketua ND Harun Jakarsih.

“Hari ini merupakan yang ketiga tahunnya ulang tahun ND. Bersamaan dengan ultah ketua umumnya, Zuhrotusadiah. ND, merupakan komunitas persaudaraan yang bergiat dalam aktivitas sosial. Sebagaimana motonya, semakin banyak saudara, merupakan suatu kebahagiaan,” tukasnya saat bacakan pidato singkat

.

Sementara, Ketua ND, Zuhrotusadiah menyampaikan, komunitas yang dibangunnya tiga tahun silam ini merupakan organisasi relawan volunteer. Kegiatan yang dilakukan selama ini, sepenuhnya merupakan aktivitas sosial seperti rutinitas donor darah setiap bulannya, pemberian santunan, hingga pendampingan warga tak mampu dalam layanan kesehatan hingga pendidikan.    

 “Relawan itu bekerja dengan hati. Suatu kegiatan tanpa dibayar. Tapi, menjadi relawan dalam suatu kegiatan sosial sangat membahagiakan,” ujarnya.

Wanita yang akrab disapa Diah itu melanjutkan, bergiat dalam dunia relawan salah satunya, komunitas ND memiliki banyak nilai manfaat batin.

“Diantaranya, secara tak langsung kita sudah melakukan upaya pembumian sila kelima Pancasila. Karena, menjadi relawan, itu harus menikmati rasanya berbagi. Berbagi dalam kebersamaan. Memberi tenaga, pikiran, bahkan materi. Karena kita yakin, hidup ini adalah pemberian Tuhan dan akan selalu ada ganjarannya. Begiat dalam dunia sosial atau relawan, meski tidak mendapatkan uang, tapi bisa merasakan kepuasan besar setelahnya. Saat kita terjun kegiatan kerelawanan, biasanya kita akan jatuh cinta mengikuti kegiatan kerelawanan lagi. Baik di bidang yang sama atau di bidang berbeda. Bikin ketagihan,” ujar wanita beretepatan merayakan ulang tahunnya yang ke 35 tahun itu.

Usai ketua umum ND sampaikan sambutan, diteruskan dengan pemberian santunan dan paket bingkisan kepada 10 anak yatim. Pemberian hadiah diberikan langsung oleh Zuhrotusadiah. Sebagai acara penutup, ND bagi-bagi hadiah melalui pengundian nomor.

“Hadiahnya ada puluhan. Mulai dari perlengkapan wanita hingga barang elektronik. Bagi yang beruntung, langsung membawa pulang produk elektronik,” pungkas pemandu acara yang beretempat tinggal di Paledang, Kota Bogor, Deril Bond. (nesto) 

SHARE

KOMENTAR