Allahuakbar! Semeru Meletus, Berikut Data Gunung Api Level I dan II

486
Foto : tangkap layar

Gunung Semeru berketinggian 3.676 meter di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, meletus. Gunung api itu mengeluarkan asap pekat berwarna abu-abu berukuran besar. Akibat aktivitasnya itu, masyarakat dan penggali pasir di aliran Sungai Leprak berlarian panik.

"Allahuakbar, Astagafirullah, ya Allah," demikian kata warga seperti terdengar dalam video yang beredar.

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan puncaknya Mahameru mencapai 3.676 meter dari permukaan laut. Gunung ini terbentuk akibat Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Gunung Semeru tersebut erupsi sekitar pukul 15.00 WIB mengeluarkan guguran awan panas yang membumbung tinggi, pada Sabtu (4/12/2021). Warga sekitar pun berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Guguran awan panas Gunung Semeru mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Dalam rekaman video yang beredar di media sosial, tampak kolom abu erupsi bergumpal dengan ketinggian ribuan meter di atas puncak. Sekeliling wilayah kawasan Semeru tampak hujan abu dan gelap gulita.

Selain itu juga Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat guguran lava pijar teramati dengan jarak luncur kurang lebih 500-800 meter dengan pusat guguran berada kurang lebih 500 meter di bawah kawah.

Dinukil dari Detik.com, BNPB menjelaskan detik-detik terjadinya erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur (Jatim). Erupsi, menurut diawali getaran yang dirasakan oleh masyarakat. Hingga berita ini ditulis, BPBD setempat masih melakukan upaya evakuasi serta mengumpulkan data dari lokasi. Dia kemudian menjelaskan kronologi letusan tersebut, dimulai dari getaran pukul 14.47 WIB.

Sebelumnya, pada pukul 14.50 WIB, masyarakat dan para penambang di aliran DAS Mujur dan Curah Kobokan diminta naik. Pada pukul 15.10 WIB, petugas di pos pengamatan Gunung Semeru menyatakan ada guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan. Visual mulai tertutup sehingga 15.30 WIB, tim evakuasi BPBD Kabupaten Lumajang sudah menuju lokasi.

Dari rekaman video yang diterima media online ini, suasana kawasan kaki Gunung Semeru terlihat mencekam gelap gulita karena tertutup tebalnya awan semburan erupsi dan juga kabut yang diiringi hujan angin.

Berikut gunung berapi yang juga berstastu siaga dan waspada, dilansir dari Kompas.com :     

Gunung Api Level III (Siaga)

1. Gunung Merapi (Jawa Tengah dan Yogyakarta)

2. Gunung Sinabung (Sumatera Utara)

3. Gunung Ili Lewotolok (Nusa Tenggara Timur)

Gunung Api Level II (Waspada)

1. Gunung Anak Krakatau (Lampung)

2. Gunung Karangetang (Sulawesi Utara)

3. Gunung Soputan (Sulawesi Utara)

4. Gunung Bromo (Jawa Timur)

5. Gunung Dukono (Maluku Utara)

6. Gunung Gamlama (Maluku Utara)

7. Gunung Kerinci (Jambi, Sumatera Barat)

8. Gunung Ibu (Maluku Utara)

9. Gunung Ile Werung (Nusa Tenggara Timur/NTT)

10. Gunung Sirung (NTT)

11. Gunung Semeru (Jawa Timur)

(Sumber : Detik.com/ Kompas.com/ Nesto)

SHARE

KOMENTAR