Di Taman Heulang, Ada Penampakan Bangunan Diduga Tak Ber IMB

718

BOGOR - Bangunan di Jalan Kasintu No.2.4 RW 04, Taman Heulang, Kelurahan/ Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor disinyalir tak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Hal itu disampaikan warga setempat, yang tempat tinggalnya berdekatan, Angga Satria.       

Menurutnya, pemilik bangunan 2 lantai tersebut sampai saat diduga belum melengkapi kepemilikan izinnya, namun sudah memutuskan membangun.   

“Adapun salah satu syarat mutlak membangun adalah IMB. Surat pemberitahuan kepada tetangga sekitar yang ditembuskan kepada pengurus RT dan RW juga dilampiri surat jaminan kesanggupan penanggulangan dampak. Demikian idealnya. Tapi, ini diduga belum,” tukasnya, Senin (21/9/2020). 

Oleh karena itu, Angga berencana mnempertanyakan ke absahan atas terbit nya IMB tersebut kepada dinas terkait. IMB, sebutnya, diatur dalam Undang Undang Nomor 34 Tahun 2001 tentang Pajak dan Retribusi Daerah. Tujuan IMB adalah menciptakan tata letak bangunan yang teratur, nyaman, dan sesuai peruntukan tanah.

“Dengan memiliki IMB pada sebuah bangunan, diharapkan tercipta keserasian dan keseimbangan antara lingkungan dan bangunan. Jika sebuah bangunan tidak dilengkapi IMB disebabkan kelalaian Anda, maka bisa terancam dibongkar oleh pemerintah setempat. Saya akan menindak lanjuti ke absahan keluar nya IMB tersebut kepada instansi terkait,” pungkasnya. (Firman Gustaman)

SHARE

KOMENTAR