Ini Kata-kata Motivasi Revolusioner El Comandante Ernesto Che Guevara

114
Ernesto Che Guevara

Hasta La Victoria Siempre! Sampai kemenangan abadi menanti! El Comandante, demikian pria bernama lengkap Ernesto Che Guevara dipanggil. Ia lahir di Rosario, Argentina pada 14 Juni 1928. Pria ini kemudian kerap dikenal dengan sebutan Che Guevara. Ia anak tertua dari lima bersaudara dalam keluarga kelas menengah Argentina yang berafiliasi pada gerakan-gerakan kiri. Keluarga Guevara merupakan keturunan Spanyol dan Irlandia.

Che Guevara merupakan tandem Fidel Castro ketika melakukan Revolusi Kuba. Mereka berperang bersama selama perang gerilya melawan diktator Kuba, Fulgencio Batista. Sebelum bergabung dengan duo Castro, Raul dan Fidel, Guevara mengawali karirnya sebagai seorang mahasiswa kedokteran di University of Buenos Aires. Sebelum ia menyelesaikan studi kedokterannya pada tahun 1953, pandangannya diubah oleh kemiskinan yang dia lihat selama perjalanan sembilan bulan melalui Amerika Latin pada tahun 1951–1952.

Kehidupan dan pergerakan revolusinya terus dibayang-bayangi oleh kematiannya di Bolivia. Kini, gambar janggutnya yang acak-acakan dan baret berbintang menjadi kartu panggilan untuk para revolusioner romantis di seluruh dunia dan lintas generasi, terlihat di mana-mana mulai dari kamp hutan militan hingga kamar-kamar asrama perguruan tinggi.

“Jika Anda bergetar dan geram setiap melihat ketidakadilan, maka Anda adalah kawan saya," begitulah ungkapan Che Guevara yang masih relevan hingga detik ini.      

Berikut kata-kata Ernesto Che Guevara yang berani dan revolusioner :

1. Jadilah realistis, tuntut yang mustahil!

2. Biarkan dunia mengubah Anda dan Anda dapat mengubah dunia.

3. Setiap hari orang meluruskan rambut, mengapa tidak hati?

4. Saya bukanlah seorang liberator. Liberator itu tidak eksis. Orang-orang membebaskan diri sendiri.

5. Tidak ada definisi sosialisme lain yang valid bagi kita selain penghapusan eksploitasi manusia oleh manusia.

6. Ketika pasukan penindasan datang untuk mempertahankan kekuasaan mereka melawan hukum yang ditetapkan, perdamaian dianggap sudah rusak.

7. Saya sekarang tahu, dengan konformitas yang hampir fatalistik dengan fakta, bahwa takdir saya adalah melakukan perjalanan.

8. Ketaatan pada prinsip, dan kepatuhan pada individu, bergabung untuk menjadikan Tentara Pemberontak sebagai kepalan yang tak terpisahkan.

9. Jadilah realistis, tuntut yang mustahil!

10. Saya bukan seorang pembebas. Pembebas tidak ada. Orang-orang membebaskan diri mereka sendiri.

11. Diam adalah argumen yang dilakukan dengan cara lain.

 

12. Tidak ada batasan dalam perjuangan ini sampai mati. Kita tidak bisa acuh tak acuh terhadap apa yang terjadi di mana pun di dunia, karena kemenangan oleh negara manapun atas imperialisme adalah kemenangan kita; seperti kekalahan setiap negara adalah kekalahan bagi kita semua.

13. Revolusi bukanlah sebuah apel yang jatuh ketika matang. Anda harus membuatnya jatuh.

14. Revolusioner sejati dipandu oleh perasaan cinta yang luar biasa.

15. Kita tidak bisa yakin memiliki sesuatu untuk hidup kecuali kita bersedia mati untuk itu.

16. Setiap hari Orang-orang meluruskan rambut, mengapa tidak hati?

17. Biarkan dunia mengubah Anda dan Anda dapat mengubah dunia.

18. Revolusioner sejati dipandu oleh perasaan cinta yang luar biasa. Mustahil untuk memikirkan seorang revolusioner sejati yang tidak memiliki kualitas ini.

19. Saya sekarang tahu, dengan konformitas yang hampir fatalistik dengan fakta, bahwa takdir saya adalah melakukan perjalanan.

20. Negara yang tidak tahu cara membaca dan menulis mudah ditipu.

21. Revolusi dilakukan melalui manusia, tetapi individu harus menempa semangat revolusioner mereka dari hari ke hari.

22. Seseorang harus tumbuh keras tetapi tanpa kehilangan kelembutan.

23. Aku tidak peduli jika aku jatuh selama orang lain mengangkat senjataku dan terus menembak.

24. Ini bukan kisah prestasi heroik, atau hanya narasi yang sinis; setidaknya saya tidak bermaksud demikian. Ini adalah sekilas dua kehidupan yang berjalan paralel untuk sementara waktu, dengan harapan dan mimpi yang sama.

25. Setiap orang memiliki kebenaran di dalam hatinya. Tidak peduli betapa rumitnya keadaannya, tidak peduli bagaimana orang lain memandangnya dari luar, dan tidak peduli seberapa dalam atau dangkal kebenaran itu ada di dalam hatinya, begitu hatinya disatukan dengan jarum kristal, kebenaran akan menyembur keluar seperti mata air panas.

26. Tugas pertama seorang revolusioner adalah dididik.

27. Kita harus menghilangkan semua surat kabar; kita tidak bisa membuat revolusi dengan pers bebas. Surat kabar adalah instrumen oligarki.

28. Petani itu adalah seorang yang berkeyakinan baik, orang yang bermoral tinggi, dan memiliki cinta kepada kebebasan yang kokoh.

29. Negara yang tidak tahu cara membaca dan menulis mudah ditipu.

30. Diam adalah argumen yang dilakukan dengan cara lain.

31. Jika Anda bergetar dengan geram setiap melihat ketidakadilan, maka Anda adalah kawan saya.

32. Keberanian itu seperti sikap keberimanan. Jika kau peroleh keberanian maka kau memiliki harga diri. Sikap bermartabat yang membuatmu tidak mudah untuk dibujuk.

33. Pemuda harus menahan diri dari pertanyaan yang tidak tahu terima kasih tentang mandat pemerintah. Sebaliknya, mereka harus mendedikasikan diri untuk belajar, bekerja dan dinas militer, harus belajar untuk berpikir dan bertindak sebagai massa.

34. Efek psikologis matahari sangat aneh: itu belum muncul di cakrawala dan kami sudah merasa terhibur, hanya membayangkan panas yang dibawanya.

35. Aku tahu bahwa semangat pemerintahan yang besar membagi kemanusiaan ke dalam dua faksi lawan, aku akan berada pada sisi rakyat jelata.

(Nesto)

SHARE

KOMENTAR