Ini Pernyataan Lengkap Presiden Jokowi Usai Divaksin

761
Presiden Joko Widodo menerima vaksin COVID-19 perdana. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

JAKARTA- Presiden Joko Widodo tunaikan janjinya. Di bagian lengannya, Jokowi disuntik vaksin Corona di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (13/1/2021). Proses penyuntikan vaksin disiarkan langsung melalui akun YouTube Sekretariat Presiden setelah dilakukan pengecekan tensi darah. Dokter kepresidenan menyampaikan bahwa jika tensinya tinggi, maka suntik vaksin tidak dilakukan. Tensi Jokowi saat itu 130/60.

Selain Jokowi, ada beberapa tokoh lain yang juga divaksin. Antara lain, Menkes Budi Gunadi Sadikin, Kapolri Jenderal Idham Aziz, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, hingga Ketua IDI Daeng M. Faqih. Kemudian, perwakilan dari ormas seperti Muhammadiyah dan PBNU.

Sebagaimana diketahui, vaksin sinovac telah mendapatkan emergency use authorization (EUA) dari BPOM dan fatwa halal dari MUI. Setelah melalui uji klinis III di Bandung, hasil efficacy vaksin sinovac adalah 65,3 persen

Berikut pernyataan lengkap Jokowi usai proses vaksin COVID-19 perdana:

Bapak ibu dan saudara-saudara semua sebangsa dan setanah air, baru saja saya tadi bersama-sama dengan perwakilan dari bidang kesehatan, perwakilan agama, perwakilan pedagang pasar, perwakilan pengusaha, perwakilan buruh, perwakilan guru dan dari perwakilan tenaga kesehatan telah melakukan vaksinasi.

Dari kesehatan terima kasih telah bersama-sama dengan saya tadi divaksin Bapak Ketua IDI, Bapak Daeng M Faqih, dan juga dari perwakilan agama saya ingin ucapkan terima kasih kepada Bapak Kiai Ishomuddin, kemudian dari sekjen MUI Bapak Amiesyah Tambunan beliau juga tokoh Muhammadiyah dan Bapak Kiai Ishomuddin dari Nahdlatul Ulama dan juga perwakilan guru hadir langsung Ketua PGRI, Prof Unifah Risyidi, kemudian dari Ketua PPNI Pak Arif dan Sekjen Ikatan Bidan Bu Ade Zubaedah, serta dari perwakilan buruh Ibu Agustini Setiorini dan juga perwakilan dari PGI, KWI, PHDI, Permabudhi, dari Matagin, juga ada Ibu Narti pedagang sayur inpres gading Jakarta Utara, hadir juga serta perawat Ibu Nur dari Dinkes DKI dan dari lain-lainnya.

Setelah kita melakukan vaksinasi perdana ini nanti akan terus dilanjutkan vaksinasi di seluruh provinsi, kabupaten dan kota di seluruh tanah air. Vaksinasi ini dilakukan setelah kita mendapat izin penggunaan darurat emergency use authorization dari BPOM dan juga telah keluarnya fatwa halal dari MUI, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya

Vaksinasi COVID-19 ini penting untuk kita lakukan untuk memutus rantai penularan virus Corona ini dan memberikan perlindungan kesehatan kepada kita, dan keselamatan, keamanan kepada kita semua masyarakat Indonesia dan membantu percepatan proses pemulihan ekonomi. Terakhir meskipun telah dilaksanakan vaksinasi, saya ingin mengingatkan kembali tentang pentingnya disiplin terhadap protokol kesehatan ini tetap kita lakukan, memakai masker, mencuci tangan menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini, sekali lagi saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Prof dokter Abdul Muthalib yang tadi menyuntikkan vaksin kepada saya, terima kasih.

(Sumber : fin.co.id/ detik.com)

SHARE

KOMENTAR