Jokowi Resmi Tandatangani UU Ciptaker

800

JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sudah meneken Undang-Undang (UU) Cipta Kerja yang terdiri atas 1.187 halaman. Publik pun bisa mengakses dan mengunduh paying hukum baru ini dengan mudah di laman jdih.setneg.go.id bagian produk hukum terbaru.

"Bahwa dengan cipta kerja diharapkan mampu menyerap tenaga kerja Indonesia yang seluas-luasnya di tengah persaingan yang semakin kompetitif dan tuntutan globalisasi ekonomi," demikian bunyi pertimbangan UU yang dikutip, Selasa (3/10/2020).

UU Ciptaker yang ditandatangani Jokowi hadir dalam format 1.187 halaman. Jumlah ini sama dengan versi terakhir yang beredar sebelum disahkan oleh Kepala Negara.

Dikutip dari laman Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), terungkap, Jokowi menandatangani dokumen UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja pada Senin (2/11) yang langsung berlaku resmi. Hingga Selasa (3/11) pagi WIB, sudah 8.831 orang yang mengunduh berkas tersebut. Dibawah tanda tangan Menkumham Yasonna H Laoly, dokumen tersebut masuk Lembaran Negara RI (LNRI) Tahun 2020 Nomor 245.

Sebagaimana diketahui, Undang-undang Cipta Kerja disahkan pemerintah dan DPR lewat rapat paripurna di Gedung DPR, Jakarta, pada 5 Oktober 2020 lalu. Setelah pengesahan, muncul pro kontra. Pengesahan ditolak dua fraksi di DPR, yaitu Fraksi Partai Keadilan Sejahtera dan Fraksi Partai Demokrat. Tapi rapat paripurna akhirnya jalan terus.

Penandatanganan UU Cipta Kerja oleh Jokowi ini disampaikan Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman melalui akun instagramnya @fadjroelrachman. Ia mengunggah foto salinan UU Cipta Kerja dengan caption mengucap syukur.

"Alhamdulillah, Presiden Joko Widodo @jokowi Secara Resmi Menandatangani Naskah #UUCiptaKerja pada Tanggal 2 November 2020 menjadi Undang-Undang Republik Indonesia No. 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja, pada Lembaran Negara No. 245. Undang-Undang Cipta Kerja Untuk Rakyat dan Masa Depan Republik Indonesia," tulisnya.

Fadjroel pun mengunggah foto Jokowi dan Ma'ruf Amin beberapa jam setelahnya. Dalam keterangan fotonya ia menyulis:

"Presiden @jokowi Teken #UUCiptaKerja , Fadjroel : Ini Untuk Rakyat dan Masa Depan Indonesia Maju https://t.co/mclPFipdqd #Jubir #Indonesia Maju." (nesto)

SHARE

KOMENTAR