Kata Yanti dan Diah, Senam Sicita Tak Sekedar Menyehatkan Tapi Juga Ngangenin

119
Senam Sicita yang diikuti kader PDI Perjuangan Kota Bogor

KOTA BOGOR- Lebih dari 250 kader banteng akan terlibat dalam gelaran Gebyar Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) di Alun-alun, Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor, dimulai pukul 08.00 wib, Jumat (20/5/2022). Gebyar Sicita DPC PDI Perjuangan Kota Bogor adalah kegiatan puncak setelah sebelumnya, hamper setiap pekannya digelar senam yang diikuti para kader banteng kota hujan.

Pengurus PAC Bogor Selatan PDI Perjuangan Kota Bogor, Zuhrotusadiah kepada media online ini menyampaikan, senam Sicita ini merupakan arahan Ketua Umumnya Megawati Soekarnoputri yang diberi nama Senam Indonesia Cinta Tanah Air (SICITA).

“Senam ini dikenalkan pada awal tahun 2022 ini, oleh Ibu Megawati. Tujuannya, untuk membangun pola hidup sehat, dengan menghari-harikan senam menghadapi pandemi Covid-19. Namun, alhamdulilah, kini Covid-19 telah menjadi endemi,” kata wanita yang akrab dipanggil Mami Diah yang diwawancarai saat tengah berlatih senam Sicita di teras depan rumahnya, Kamis (19/5/2022).          

Dia melanjutkan, senam masal ini nantinya akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri), dan bahkan rekor dunia lewat gelaran senam bersama secara serentak pada puncak perayaan HUT Partai ke-49.

“Yang pasti, senam ini bertujuan untuk mengajak masyarakat sehat sebagaimana ungkapan mens sana in corporate sano bahwa dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Panitia Senam Sicita, Yanti Susanti menyampaikan, senam Sicita tak sekedar menyehatkan tapi juga membawa pesan filosofis agar setiap orang mencintai Tanah Air.

“Senam Sicita ini gerakannya tak sulit, dan mudah diikuti siapapun. Hampir setiap pekannya, Rabu dan sabut, PDI Perjuangan Kota Bogor menggelar senam ini bersama para kader di Kantor DPC, di Jalan Ahmad Yani II. Dan, umumnya, setelah mengikuti senam ini membuat siapapun jadi keranjingan untuk bersenam lagi. Yah, boleh dibilang jadi ngangenin,” ungkap Yanti sembari membasuh peluh di dahinya menggunakan handuk, usai latihan senam untuk persiapan besok.    

Wanita bertubuh semampai ini berujar, senam ini diyakini bisa membakar kalori tubuh dan membuat badan kembali lebih fresh. Manfaat senam, sebutnya, berguna menyiapkan sistem pernapasan, otot, peredaran darah, dan persendian.

“Hal itu juga saya rasakan, usai senam, badan lebih segar. Aduhai, dan duileh sekali. Kalori atau lemak tubuh akan tebakar melalui gerakan-gerakan. Dan, sangat baik sekali untuk menghindari resiko kegemukan hingga ancaman penyakit jantung. Kepada masyarakat Kota Bogor yang ingin ikut serta senam, yuk mari bersama kita buktikan segarnya fisik usai senam Sicita,” ucap Yanti. (Nesto)  

SHARE

KOMENTAR