Kemarin Dikirim 100, Hari ini Tabung Oksigen di Kota Bogor Langka

650
ilustrasi

KOTA BOGOR – Kota Bogor kembali mengalami kelangkaan gas oksigen, setelah sehari sebelumnya diberikan bantuan 100 tabung gas oleh PT Krakatau Steel, Banten. Salah satu pasien lansia non Covid-19 yang dirawat di salah satu rumah sakit di Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, mengaku kesulitan mendapatkan gas oksigen, setelah melakukan upaya mencari ke sejumlah tempat.

“Ya, saat ini ibu saya dirawat di rumah sakit dan butuh mendesak oksigen, tapi habis. Akhirnya, solusi yang diberikan pihak rumah sakit mengunakan satu-satunya tabung gas, tapi bekas penderita pasien Covid. Dan, saat ini sedang akan dilakukan sterilasasi terlebih dahulu sekitar 4 atau 5 jam,” tukas Ris (35), warga Sempur, Kota Bogor, Selasa (6/7/2021)

Penuturannya, ia tidak punya pilihan lagi menggunakan tabung oksigen tersebut karena langka.

“Karena sulit didapat, mau tidak mau, demi ibu saya kembali sehat, menggunakan oksigen tersebut. Mohon doanya ya,” ucapnya lirih, ketika menunggu salah satu ruangan disterilkan.

Saat berita ini ditulis pukul 20.00 WIB, seperti kemarin, beberapa depot tabung oksigen medis di Kota Bogor, seperti di Jalan Raya Otista, di Jalan Kebon Pedes, Jalan Raya Semplak, dan Jalan Lawanggintung, diketahui tidak ada pasokan dari agen gas di Jakarta.

Sehari sebelumnya, diketahui Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menerima 100 tabung oksigen ukuran 6 meter kubik, Senin (5/7/2021) malam. Namun, bantuan itu langsung didistribusikan ke rumah sakit rujukan Covid-19.

“Setelah semalam 100 tabung oksigen turun di Posko Logistik PPKM Darurat, Jalan Sudirman, Bogor Tengah, Kota Bogor, sekitar pukul 23.30 WIB, langsung didistribusikan ke sejumlah rumah sakit. Baru-baru ini, tinggal tersisa dua tabung, didistribusikan ke RS PMI. Tapi, beso, Insha Allah akan kembali diisi oksigen kembali setelah tabung-tabung tersebut dikembalikan,” tukas salah satu Satgas Covid-19 Kota Bogor yang menolak menyebutkan namanya.          

Sebagai informasi, kemarin, Krakatau Steel memberikan bantuan 100 tabung besar oksigen. Bantuan tersebut oleh Walikota Bogor Bima Arya disalurkan untuk tiga rumah sakit, yakni RS Azra (16 tabung), RS Hermina (5 tabung) dan RS Medika Dramaga (20 tabung). Selain itu, beberapa RS lagi termasuk Rumah Sakit Lapangan, Pusat Isolasi Asrama IPB, dan RS lainnya yang membutuhkan. (Nesto) 

SHARE

KOMENTAR