Lebih Mahal dari Gapura 17 Agustus, Pintu Gerbang Rp1 M Akhir Tahun ini Dibangun Pemkot Bogor

994
ilustrasi

BOGOR – Akhir tahun ini, gapura senilai Rp1 miliar akan dibangun. Pembangunan gapura yang dianggarkan senilai Rp1 miliar tersebut terbagi di enam lokasi yakni Ciharacas Mulyaharja Kecamatan Bogor Selatan, Deskranasda Botani Square Bogor Tengah, Sitigede Kecamatan Bogor Barat, didepan Gang Raden Saleh Kelurahan Empang Kecamatan Bogor Selatan, Punden Berundak Kelurahan Gunungbatu Kecamatan Bogor Barat, Pagentongan Kelurahan Loji Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Dari anggaran tersebut, juga akan dibuat papan penunjuk lokasi.  

“Semua gapura berada di lokasi tempat wisata, hingga tempat ziarah tokoh Bogor. Kalau anggaran sudah masuk dan lancar, akan dibangun akhir tahun ini,” kata Kepala Disparbud, Atep Budiman saat diwawancarai media online ini melalui telepon, Kamis (5/11/2020).             

Terkait biaya pembangunan, masing-masing lokasi nilai variatif. Dia juga menyampaikan, anggaran tersebut dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan total sebesar Rp73 miliar untuk Kota Bogor. Anggaran tersebut masuk dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk sektor pariwisata.

“Anggaran untuk pembangunan gapura ada di Disperumkim. Usulan awal memang dari kami, tetapi kajian teknis dan lapangan ada pada OPD tersebut,” ujarnya.

Atep menuturkan bahwa dana yang disalurkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut memang diperuntukan untuk membangkitkan sektor pariwisata yang anjlok saat pandemi Covid-19.

“Dari dana itu ada yang disalurkan ke hotel dan restoran, serta untuk pembangunan sarana prasarana menuju destinasi wisata,” ucapnya.

Terpisah, Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim saat diminta komentarnya menyimpulkan tidak ada  anggaran yang dinilainya besar.

“Jangan dilihat gapuranya. Yang namanya pekerjaan itu melibatkan warga untuk bekerja. Dunia usaha termasuk kontraktor menengah dan kecil perlu pekerjaan. Semua sesuai arahan pemerintah pusat untuk membantu semua sektor,” singkatnya melalui pesan whatsapp. (nesto)

SHARE

KOMENTAR