Megawati Diundang Khusus Pelantikan Presiden Korsel, ini Rekam Jejak Yoon Seok Yeol

443
Presiden Korsel, Yoon Seok Yeol

Besok lusa, Selasa (10/5/2022), Presiden ke-5 Indonesia, Megawati Soekarnoputri, bakal menghadiri pelantikan Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol. Hari ini, pada Minggu (8/5/2022) Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang mendapat undangan khusus tersebut  telah mendarat di Seongnam, Seoul.

Megawati disambut Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto, Deputi Jenderal MOFA dan atase pertahanan Indonesia di Seoul. Selain menghadiri pelantikan Yoon, Ketum PDIP itu juga akan menghadiri dan menerima penganugerahan gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of the Arts (SIA).

Yoon Seok Yeol, resmi menjadi Presiden Korsel menggantikan Moon Jae In di kursi presiden. Sebelumnya, ia merupakan jaksa agung di bawah pemerintahan Moon Jae In dan kandidat dari partai oposisi PPP (People Power Party/Partai Kekuatan Rakyat).

Yoon Seok Yeol sendiri bukan orang baru di kancah politik Korea Selatan. Sebelumnya, ia sempat melontarkan kritik pedas kepada Moon Jae In. Melalui kampanye yang dilakukan, Yoon Seok Yeol sukses memenangkan selisih tipis dalam pemilu Korea Selatan. Yoon Seok Yeol juga berjanji akan mengetatkan peraturan dalam berhubungan dengan Korea Utara dan China.

Presiden sebelumnya, Moon Jae In, sendiri dinilai kurang tegas menindak Korea Utara. Terutama kendati telah bertemu dengan pimpinan Korea Utara, Kim Jong Un, Moon Jae In belum dapat menghentikan polemik senjata nuklir.

Selain berbagai janji yang diucapkan ketika kampanye pemilihan presiden berlangsung, Yoon Seok Yeol juga sempat bersinar beberapa tahun silam. Terutama karena perannya menangkap mantan presiden korup Korea Selatan, Park Geun Hye. (Dari berbagai sumber/ Eko Octa)  

SHARE

KOMENTAR