Meriah, Puluhan Bocil Mulyaharja ikut Lomba dan Quiz Kebangsaan Berhadiah

171

KOTA BOGOR – Tak lengkap merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia tanpa gelaran ragam lomba. Sebab, nyaris sudah menjadi tradisi tahunan, setiap tanggal 17 Agustus selalu memberikan kesan yang hangat dan mendalam mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Ragam lomba tersebut juga digelar warga di RT 01, RW 04, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, pada Rabu (17/8/2022).    

Meski kegiatan lomba mayoritas diikuti anak-anak, namun keseruannya juga membuat heboh. Terbukti, sejumlah ibu-ibu turut hadir memberikan motivasi, bahkan terdengar suara gelak tawa dan teriakan dukungan untuk sang anak.

Saat gelaran lomba balap karung dengan menggunakan helm, beberapa anak terlihat yang menjadi peserta terlihat antusias melompat, meski sesekali helm yang berukuran longgar kerap menutupi wajahnya.

“Ayo terus maju. Semangat. Pantangkendor,” teriak salah satu ibu menyemangati sang anak yang ikut tanding.      

Tak hanya lari karung gunakan helm, kompetisi tingkat RW itu pun juga menggelar lomba kelereng, lomba memasukan paku ke dalam botol, lomba setafet terigu sembari jongkok, dan lomba makan kerupuk.

“Sebagai penutup, digelar quiz. Semua lomba hadiahnya sudah dipersiapkan panitia. Selain hadiah hiburan, hadiahnya hadiah ada Al Quran, Iqro, Sejadah dan sebagainya,” kata pantia, Siska didampingi Yanthi Bagol dan Keken.

Beberapa santri disekitar lokasi, juga terlihat semangat ikut serta.

“Peserta lomba kisaran 70 orang. Ada yang menarik saat mengiktui quiz, panitia sampaikan pertanyaan nama presiden pertama Indonesia, sila Pancasila, kapan Indonesia merdeka, hingga siapa pengetik naskah proklamasi. Ada yang enggak hafal Pancasila, ada yang salah menjawab tahun Indonesia merdeka dengan menyebut keterangan waktunya, tahun 1775,” tukas wanita yang juga Ketua PAC Pospera Tamansari.

Dia bertutur, menurut sejarahnya, lomba 17 Agustus diadakan usai Indonesia merayakan ulang tahun kemerdekaan yang ke-5 pada 1950. Perlombaan tersebut dilakukan sebagai bentuk perayaan akan perjuangan para pahlawan Indonesia yang akhirnya membuahkan hasil, yaitu Kemerdekaan Indonesia.

“Tujuan lomba 17 Agustus ini, bisa bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Selain itu, lomba 17 Agustus bisa membantu anak untuk memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Manfaat lomba 17 Agustus juga untuk memupuk semangat cinta tanah air atau rasa nasionalisme anak sejak dini,” tuntasnya. (Eko Octa)

SHARE

KOMENTAR