Patung Bung Karno Naik Kuda Diresmikan Prabowo di Kemenhan, Megawati Ucapkan Terimakasih

814
Patng Bung Karno Berkuda diresmikan di Gedung Kemhan dihadiri Megawati dan Prabowo

JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meresmikan kehadiran patung Presiden Sukarno di kompleks Kementerian Pertahanan, 2021. Hadir dalam acara tersebut putri Sukarno yang juga Presiden ke-5, Megawati Soekarnoputri. Selain itu, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju hadir dalam peresmian ini. Di antaranya Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono serta Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Saat memberikan sambutan, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan ini bertutur tentang Bung Karno yang naik kuda hanya sekali dalam hidupnya. Bung Karno diketahui naik kuda setelah diminta menjadi inspektur upacara pada peringatan hari ulang tahun angkatan perang di Yogyakarta pada 5 Oktober 1946.

"Menurut cerita ibu saya, beliau minta untuk dicarikan kuda yang jinak. Saya tak dapat membayangkan mendengar cerita ibu saya itu, bagaimana seorang panglima tertinggi kudanya itu jinak. Tentunya, seharusnya (kudanya) garang ya," ujar Megawati di gedung Kemhan, Jakarta, Minggu (6/6/2021).

Kepada Menteri Pertahanan Prabowo, Megawati mengucapkan rasa terima kasih lantaran telah dibuatkan patung kuda mendiang sang ayah. Apalagi peresmiannya dilaksanakan bertepatan dengan hari lahir Presiden Sukarno yakni 6 Juni.

"Atas nama pribadi dan keluarga besar Bung Karno saya mengucapkan terima kasih dan penghormatan secara khusus kepada bapak Menhan Prabowo dan sekaligus sahabat saya atas peresmian patung Bung Karno ini," tukas Megawati.

Ia juga mengungkapkan peresmian patung hari ini bertepatan dengan peringatan kelahiran sang ayah, Bung Karno. Menurutnya, hari ini pun menjadi momen yang sangat istimewa baginya dan keluarga.

"Kebetulan bertepatan pada peringatan kelahiran beliau yang ke-120 tahun. Jadi sungguh menurut kami keluarga sangat istimewa. Momentum ini tidak hanya mengingatkan seluruh perjuangan putra Sang Fajar tersebut bagi seluruh ide, gagasan, cita-cita dan perjuangan bagi bangsa dan negara Indonesia tercinta," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Prabowo menyatakan bangga kementeriannya bisa membuat patung Bung Karno bertepatan dengan hari lahir presiden pertama Indonesia itu.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa-jasa pahlawannya. Karena itu sepantasnya bagi kita sebagai generasi penerus untuk selalu mengenang jasa-jasa beliau," ucap Prabowo Subianto. (Nesto)

SHARE

KOMENTAR