PDIP Lantik 11 Pengurus Dewan Pimpinan PDI Perjuangan Luar Negeri

529
Sekjen DPP PDIP Perjuangan, Hastoi Kristiyanto saat bacakan sumpah jabatan 11 DPLN

JAKARTA - Sebanyak 11 Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) PDI Perjuangan dilantik. Perhelatan tersebut dihadiri  Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri secara daring, Sabtu (4/12/2021). Sementara, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bersama Ketua Bidang Luar Negeri DPP PDIP Ahmad Basarah, mengikutinya di Kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta Pusat. Serta, Ketua DPP yaitu Djarot Saiful Hidayat, Rudianto Tjen, Sukur H Nababan, Yanti Sukamdani dan Eriko Sotarduga.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai langkah konsolidasi partai berlambang banteng bulat menyongsong tahun Pemilu dan menjadikan para pengurus tersebut menjadi diplomat bagi bangsa dan negara. Sebelas DPLN yang dilantik, disampaikan dalam laporan Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah yakni, Hong Kong (19 pengurus), Malaysia (19 pengurus), Taiwan (11 pengurus), Brunei Darussalam (19 pengurus), Jepang (11 pengurus), Australia (17 pengurus), Saudi Arabia ( 13 pengurus), Perancis-Belgia (17 pengurus), Belanda (15 pengurus), Jerman (13 pengurus) dan Mesir (15 pengurus).

"Pelantikan DPLN PDI Perjuangan ini bukanlah akhir melainkan awal bagi kerja-kerja kepartaian yang sudah menanti menjelang tahun pemilu. Pelantikan ini juga merupakan pengakuan DPLN sebagai pengurus Partai dan memanfaatkan kepercayaan Partai dan Ketua Umum PDIP ini melalui jiwa pengabdian yang tulus demi kejayaan Partai, Bangsa dan Negara," ujar Basarah melalui rilis yang diterima redaksi media online ini.   

Basarah yang saat ini juga merupakan Wakil Ketua MPR RI mengatakan usai pelantikan hari ini langsung digelar acara kaderisasi bagi para pengurus DPLN. "Kami meyakini acara kaderisasi ini akan membuat pengurus DPLN Partai mendapat bekal yang cukup memadai untuk mengenal dan menghayati keberadaannya bergabung dalam wadah PDI Perjuangan," kata Basarah.

Dia juga menyebutkan DPLN PDI Perjuangan merupakan ujung tombak diplomasi Partai di luar negeri. Sebab itu. setiap kader Partai di luar negeri dituntut menjadi diplomat bagi bangsa dan negara.

"Setiap kader Partai di luar negeri selayaknya memegang prinsip keutamaan perjuangan diplomasi Partai yakni kepentingan nasional, keselamatan warga negara dan kemanusiaan," tambahnya.

Basarah mengatakan ada dua DPLN yang sedang pemantapan untuk dilantik. Yakni DPLN Amerika Serikat dan Inggris Raya. Selain itu ada juga calon DPLN di Tunisia, Meksiko, Singapura, Italia dan Uni Emirat Arab.

"Semoga segera dapat dilantik awal tahun depan sehingga akan memiliki sejumlah 18 DPLN untuk memperkuat jajaran DPLN Partai," lanjut Basarah.

Usai laporan Basarah, Hasto Kristiyanto lalu maju mengambil sumpah para pengurus DPLN tersebut mewakili Megawati. "Apakah saudara-saudara sekalian bersedia untuk dilantik sebagai dewan perwakilan luar negeri PDI Perjuangan?" tanya Hasto.

"Bersedia," jawab para pengurus yang dilantik dengan serempak.

"Terima kasih. Karena itulah dengan hikmat saudara-saudara sekalian dengan penuh kesungguhan, dengan penuh dedikasi dan membatinkan seluruh tekad juang saudara sekalian, untuk mengabdi pada bangsa dan negara, kepada rakyat indonesia untuk melanjutkan seluruh ide, cita-cita perjuangan, serta seluruh gagasan Bung Karno dengan mengucapkan janji jabatan," lanjut Hasto.

Selanjutnya, janji jabatan pun dibacakan Hasto dan diikuti oleh para pengurus DPLN yang dilantik tersebut.

"Saudara-saudara secara resmi menjadi Dewan Pimpinan Luar Negeri PDI Perjuangan. DPP PDI Perjuangan mengucapkan selamat dan teruslah berjuang dengan seluruh keyakinan politik kita berdasarkan ideologi Pancasila, berjuang tanpa mengenal lelah, dengan penuh semangat, penuh dedikasi bagi bangsa dan negara Indonesia. Merdeka," kata Hasto. (Nesto)

SHARE

KOMENTAR