Puan Maharani, Politisi Wanita Segudang Prestasi

51
Beni Sitepu

Ketua DPR wanita pertama di Indonesia, Dr. (H.C) Puan Maharani lahir di Jakarta, yang lahir pada 6 September 1973, ternyata memiliki sedertan prestasi. Putri Megawati Seokarnoputri ini tumbuh dan dibesarkan di keluarga politik.

Puan merintis karir politiknya, terpilih menjadi Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI dari Dapil V Jawa Tengah pada tahun 2009. Selanjutnya, pada tahun 2012, Puan menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI.

Kemudian, tahun 2014, Puan memperoleh kepercayaan dari Presiden RI ke-7, Ir. Joko Widodo, menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembanguman Manusia dan Kebudayaan (Menko dan PMK). Dengan mendapatkan kepercayaan tersebut, pada tahun 2015, Puan mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai perempuan pertama yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembanguman Manusia dan Kebudayaan termuda sepanjang sejarah Indonesia.

Tak hanya itu, atas prestasi kinerja yang diemban sebagai Ketua DPR RI, Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDI Perjuangan Mbak Puan mendapat anugerah Doktor Kehormatan bidang Kebudayaan dan Kebijakan Pembangunan Nasional pada tahun 2020.

Prestasi-prestasi Puan Maharani sangat banyak yang belum diketahui banyak orang. Dan ketidaktahuan masyarakat atas prestasi Puan Maharani menjadi bukti bahwa srikandi Parlemen ini tidak pernah menggunakan prestasinya itu untuk dijadikan sebagai alat pencitraan.

Nah, berikut prestasi Puan Maharani selama ia menjabat Menko PMK :

  1. Puan Maharani tercatat sebagai Menteri Koordinator perempuan pertama, sekaligus yang termuda.
  2. Menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran hingga menjadi yang terendah dalam sejarah indonesia.
  3. Menurunkan angka ketimpangan dan meningkatkan kesejahteraan di bidang pendidikan, kesehatan, dan hidup layak.
  4. Menurunkan angka ketimpangan atau indeks Gini Ratio.
  5. Meningkatkan Indeks pembangunan manusia secara berkala selama masa jabatannya.
  6. Melakukan revitalisasi BKKBN (Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional), dengan program monumentalnya, yaitu Kampung KB.
  7. Pada 2018, Puan Maharani menerima penghargaan sebagai Bintang Bhayangkara Utama dari Polri. Puan juga menerima penghargaan dari majalah Her Times pada tahun 2019 sebagai Eminent Women of the year.
  8. Kemenko PMK yang dipimpin Puan juga mendapat pernghargaan sebagai situs web pemeritah yang melakukan pengembangan paling pesat dalam hal transpransi.
  9. Puan Maharani berhasil mengawal pembagian Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Program Keluarga Harapan (PKH), sebagai kartu sakti yang menajdi agenda utama pemerintahan Jokowi.
  10. Kerja Cemerlang Puan Maharani terlihat dalam keberhasilan Asian Games dan Pra games 2018, rehabilitasi pasca bencana, revitalisasi pendidikan vokasional, kebijakan kesehatan yang monumental, cita-cita Indonesia Emas, Indonesia Hebat.
  11. Puan Maharani adalah salah satu perempuan Top Person dan Top Influencer 2018 yang dinobatkan oleh Indicator Indonesia.
  12. Kemenko PMK mendapatkan penghargaan dari Badan Kepegawaian Nasioanal (BKN) sebagai pengeloala kepegawaian terbaik.
  13. Kemenko PMK menerima pengharagaan dari BNPT atas perannya dalam program penanggulangan terorisme di wilayah Sulawesi tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Jawa Timur.
  14. Berhasil melakukan koordinasi antar kementerian yang berada dibawah garis koordinasinya sehingga dari beberapa kementerian tersebut mendapatkan apresiasi yang baik dari masyarakat.

(Beni Sitepu) 

SHARE

KOMENTAR