Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto : Indonesia Bisa Berdaulat Pangan

130

Aartreya - Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto kritiyanto menyampaikan, jika Indonesia mempunyai semangat berdaulat di bidang pangan, maka impor tidak diperlukan lagi.

“Jadi dari hulunya, kalau kita punya spirit Indonesia bisa berdaulat di bidang pangan, Indonesia bisa berdikari di bidang pangan maka tanpa melalui impor kita bisa memproduksi pangan oleh anak bangsa, petani-petani Indonesia,” kata Hasto saat seminar Daulat Pangan Wujudkan Kesejahteraan Petani dan Konsolidasi Program Mari Sejahterakan Petani (MSP) di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta, Jumat (3/2/2023).

Namun menurut Hasto, saat ini seperti apa yang diceritakan Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP PDIP, pemerintahan hari ini mewakili banyak kepentingan. Menurutnya, terlalu banyak partai yang ada di pemerintahan.

Untuk itu, Hasto menyampaikan, PDI Perjuangan tidak bisa membentuk pemerintahan sendiri karena kekuatannya belum cukup untuk itu. Ia mengatakan, karena adanya partai-partai yang banyak di pemerintahan, maka muncul platform masing-masing

Masih menurut Hasto, Indonesia dapat berdikari atau berdaulat di bidang pangan tanpa perlu melakukan impor, namun dengan produksi anak bangsa sendiri.

“Kalau kita punya spirit Indonesia bisa berdaulat di bidang pangan, Indonesia bisa berdikari di bidang pangan tanpa melalui impor, kita bisa memproduksi pangan oleh anak bangsa, petani-petani Indonesia,” ujar Hasto

Dia mencontohkan pemerintah dapat mengoptimalkan produksi salah satu pangan dalam negeri oleh anak bangsa, yakni produksi garam dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Hasto menyampaikan dengan curah hujan yang rendah di NTT, kondisi tersebut dapat dimanfaatkan untuk memproduksi garam melalui penguapan.

“Kita bisa (mengoptimalkan produksi pangan dalam negeri). Contohnya, yang namanya daerah NTT itu curah hujannya itu rendah. Untuk merancang pabrik garam, ini sederhana prosesnya, hanya penguapan saja sudah jadi garam itu,” ucap Hasto. (Eko Octa)

SHARE

KOMENTAR