Seknas Jokowi Kota Bogor Ajak Publik ikut Aksi Kemanusiaan Donor Darah

736

KOTA BOGOR- Seknas Jokowi Kota Bogor berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bogor, Pemkot Bogor dan Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) akan melaksanakan donor darah. Ketua Seknas Jokowi Kota Bogor, Dede Yuningsih menyampaikan, kegiatan donor darah ini terbuka untuk umum.

“Bagi warga Kota Bogor yang berminat menyumbangkan darah bisa hadir dengan terlebih dulu mendaftar melalui whatsapp 085717143110 atau 085710716673,” kata Dede kepada media online ini, Kamis (2/9/2021).

Dia menyampaikan, kegiatan donor darah akan digelar pada Minggu (26/9/2021) mendatang.

“Lokasinya, di halaman Ruko Brajamustika, Jalan Semeru, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Selama pelaksanaan kegiatan, protokol kesehatan diterapkan. Semua peserta donor darah wajib tensi darah, tes HB darah, hingga pengambilan darah untuk mengatahui kelayakan seseorang bisa mendonorkan darah atau tidak,” terangnya.

Melalui kegiatan donor darah tersebut, Seknas Jokowi Kota Bogor berharap bisa membantu PMI dalam menyediakan stok darah pada masa pandemi ini.

“Donor darah pada masa pandemic Covid-19 ini sangat perlu. Selain merupakan kegiatan kemanusiaan, juga membantu mendukung kebutuhan stok darah yang lumayan meningkat saat era Covid-19 ini,” tuturnya.

Ditambahkan sejawatnya, Seknas Jokowi, Purnomo, dengan donor darah, diharapkan bisa menginspirasi masyarakat tak hanya donor darah, tetapi juga donor plasma konvalesen yang dibutuhkan penderita Covid-19.

“Manfaat donor darah tak hanya menguntungkan penerima. Tapi, pendonor juga menyelamatkan nyawa orang lain. Darah yang telah didonorkan bisa diberikan pada orang yang membutuhkan pertolongan, seperti korban kecelakaan, pengidap kanker atau kelainan darah, bayi baru lahir dengan kondisi medis tertentu, dan orang yang menjalani operasi besar,” ucap pria mantan Ketua DPD Seknas Jokowi Kota Bogor.

Masih menurutnya, melalui donor darah, bisa membantu memperlancar aliran darah. Sehingga mencegah terjadinya penyumbatan arteri.

“Sehingga, membuat tubuh jarang terkena sakit dan terhindar dari kanker, stroke, dan serangan jantung. Dengan rutin melakukan donor darah, bisa menjaga kadar zat besi dalam darah tetap normal. Itu literasi yang saya ketahui. Dan, sebagai informasi, kegiatan donor darah ini selain bekerjasama dengan PMI Kota Bogor, Pemkot Bogor dan PDDI. Juga, didukung digital media Aartreya.com. Nah, bagi warga Kota Bogor yang merindukan tubuh tetap sehat, ayo jangan ragu donor darah,” tutupnya. (Nesto) 

SHARE

KOMENTAR