Sop Buntut Ceu Iyem, Soal Rasa Jangan Ditanya

52
RM Ceu Iyem, Jalan RE Soemantra Diredja RT.1 RW.1 Pamoyanan, samping alfamart Pamoyanan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Pernah mencicipi Sop Buntut Borobudur? Ya, nama Sop Buntut Borobudur sudah sangat legendaris. Soal rasa, sagat duileh dan selalu bikin ketagihan. Tak berlebihan, jika sop buntut ikonik itu sejarahnya selalu menarik untuk dikisahkan.

Sebagai informasi, kelezatan dan nikmatnya sop buntut legendaris tersebut tidak pernah berubah sejak hotel tersebut berdiri pada 1973. Kepopuleran Sop Buntut Borobudur bermula dari salah seorang pejabat negara yang kerap menginap di Hotel Borobudur.

Namun, ia lebih memilih makan di sop buntut kaki lima yang dahulunya berjualan di sekitaran Hotel Borobudur yang belokasi di Jl. Lapangan Banteng Selatan, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Karena itulah, pihak hotel mulai bekerja sama dengan sang pemilik warung kaki lima, dan mengadopsi makanan tersebut sebagai salah satu menu di restoran Hotel Borobudur.

Nah, bagi penggemar sop buntut, kini tak perlu lagi datang jauh-jauh ke Jakarta. Sebab, di Kota Bogor, kini sudah tersedia. Tempatnya, di Jalan RE Soemantra Diredja RT.1 RW.1 Pamoyanan, samping alfamart Pamoyanan Bogor Selatan, Kota Bogor.  Namanya RM Sop Buntut Ceu Iyem.

“Sop buntut ini memiliki cita rasa tak jauh beda dengan Sop Buntut Borobudur. Soal rasa, pelangganlah penentunya,” kata pemilik rumah makan, Gunawan kepada media online ini, Jumat (7/1/2022).

Merasa penasaran ingin membuktikan, awak media ini pun mencicipi sop buntut yang disajikan. Ternyata, rasa memang tak pernah bohong. Sop Buntut Ceu Iyem ini memang meninggalkan kesan ingin selalu nambah. Ciri khas sop buntut di rumah makan tersebut, daging buntutnya lembut dan mudah lepas dari tulang. Ditambah lagi dengan racikan kuahnya yang segar dengan perasan jeruk nipis di dalamnya.

Kuahnya kadunya bening berwarna kecokelatan dengan genangan irisan tomat dan daun bawang. Aroma rempah yang harum sangat semerbak. Sungguh membuat lidah menari-nari mengenang kelezatan sop buntut legendaris ini.

Menurut Gunawan, Sop Buntut Ceu Iyem ini harganya tak mahal dan terjangkau kantung banyak kalangan. Rasanya juga tak kalah enak dari sop buntut dengan harga bintang lima.Sop buntut sapi memang terkenal memiliki harga yang mahal, karena harga daging bagian buntut cukup tinggi di pasaran.

“Sop buntut disini, haragnya Rp25 ribu. Sementara, sop iga, harganya Rp20 ribu. Rumah makan Ceu Iyem ini baru dua bulan buka. Alhamdulilah, sudah banyak pelanggan,” ucapnya.  

Penasaran ingin mencoba? Buktikan sendiri. Soal rasa, sepertinya tak perlu ditanya lagi. Enaknya, luar biasa. (Nesto)

SHARE

KOMENTAR