Terobsesi Cerdaskan Masyarakat, Ketua Yanima Danial Bercita-cita ingin Mandirikan PKBM Insan Mandiri

74
Gedung PKBM Insan Mandiri di Jalan Balaidesa, Tajur, Kota Bogor

KOTA BOGOR – Juli mendatang, sebagai awal tahun ajaran baru 2022-2023, PKBM Insan Mandiri di Jalan Raya Tajur, Gang Balai Desa No 10 RT 01 RW 05, Kelurahan Tajur, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, diprediksi akan menggelar pendidikan tatap muka. Hal itu disampaikan Ketua Yayasan Insan Mandiri, Danial, SH, MH.

“Mengawali Tahun Pelajaran 2022-2023, di bulan Juli 2022, semua kegiatan dan aktifitas PKBM Insan Mandiri kembali normal, dan insya Alloh, kegiatan belajar mengajar secara tatap muka sudah bisa di mulai di Gedung PKBM Insan Mandiri,”tukasnya kepada media online ini, Kamis (13/1/2022).

Dilanjutkannya, para peserta siswa didik PKBM-nya tidak dikenakan pungutan.

“Sebagai pendiri dan pemilik PKBM Insan Mandiri Kota Bogor kami ingin memberi yang terbaik untuk memajukan pendidikan anak bangsa. Jadi, bila ada yang meminta sumbangan mengatasnamakan PKBM Yanima, mohon diabaikan,” imbaunya.

Pendiri PKBM Insan Mandiri ini memiliki cita-cita luhur memajukan pendidikan, termasuk membantu siswa putus sekolah. Saat ini, kata Danial, Yayasan Insan Mandiri juga bermitra dengan PT Perjasi Rahayu Jaya (Peraja).  

“Kemitraan dengan PT Peraja sebagai support secara financial sehingga mulai tahun 2022 dan seterusnya kita ingin menjadikan lembaga pendidikan sosial murni dan tidak lagi ada ketergantungan kepada pihak pemerintah dalam hal sumber pendanaan utk operasional. Sehingga, nantinya, benar benar menjadi lembaga yang mandiri, tanpa mau mengajukan dan diajukan untuk memperoleh dana yang bersumber dari pemerintah pusat maupun daerah,” tuntasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 butir 10 yang menyatakan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat yang sering disingkat sebagai PKBM merupakan salah satu satuan pendidikan nonformal. PKBM adalah suatu wadah berbagai kegiatan pembelajaran masyarakat diarahkan pada pemberdayaan potensi untuk menggerakkan pembangunan di bidang sosial, ekonomi, dan budaya.

Program-program yang diselenggarakan di PKBM antara lain pendidikan kesetaraan (Paket A,B dan C), Pendidikan Keaksaraan, Pendidikan Kewarganegaraan, dan lainnya. (Nesto) 

SHARE

KOMENTAR