Vladimir Putin Sampaikan Ucapan Selamat Idul Fitri

176
Vladimir Putin saat bertemu ulama Islam Rusia (Foto : en.kremlin.ru)

Meski Islam merupakan agama minoritas di Rusia, toleransi umat beragama tak pernah absen. Belum lama ini, Presiden Rusia, Vladimir Putin menyampaikan ucapan selamat Idulfitri kepada umat Muslim di negaranya.

Presiden Rusia ini menyampaikan perayaan Idulfitri sangat penting bagi setiap Muslim, yang dilaksanakan di akhir bulan suci Ramadan. Kata  Putin, Idulfitri merupakan simbol bagi komitmen terhadap nilai-nilai kemanusiaan, ketakwaan dan belas kasih.

"Mengarahkan penganutnya kepada asal usul Islam dan pedoman moral tinggi yang mendasari semua agama di dunia," ucapnya melalui pernyataan resmi portal Kepresidenan Rusia yang dikutip Rabu 4 April 2022.

Menurut Putin, Idul Fitri melambangkan komitmen terhadap cita-cita kemanusiaan, kesalehan dan belas kasihan. Hari itu mengarahkan orang-orang yang beriman kepada asal-usul Islam dan pedoman moral tinggi yang mendasari semua agama dunia.

Dia juga mengakui nilai-nilai spiritual yang bertahan lama dalam Islam, membuat Muslim Rusia memberikan kontribusi yang layak untuk memperkuat perdamaian. Selain itu, kontribusi dan harmoni antaretnis dalam masyarakat, melestarikan keragaman budaya, dan membela kepentingan prioritas negara Rusia.

"Melestarikan perbedaan kultural dan mempertahankan kepentingan prioritas negara kita," ujarnya.

Foto : The Moscow Time

Sebagai informasi, sesuai dengan Undang-undang di Rusia, Islam merupakan salah satu agama tradisional Rusia. Rusia modern diketahui diciptakan dengan adanya pengaruh budaya, agama, dan tradisi yang berbeda.

Saat ini, Islam merupakan agama terbesar kedua di Rusia setelah Kristen. Kira-kira 20 juta orang dari 40 etnis di seluruh Rusia khususnya dari wilayah Volga, Urals, Caucasus, Moskow, St Peterburg dan Siberia Barat merupakan umat Muslim. Agama Islam sendiri masuk ke Rusia 1.400 tahun yang lalu.

Dalam sejarah Rusia, ada banyak orang Muslim terkemuka yang berkorban nyawa untuk berjuang melawan terorisme dan penyebaran ide-ide ekstremisme di negara itu. Tatar adalah etnis Muslim terbesar dengan penduduk yang mencapai 6 juta orang yaitu sebanyak 4 persen dari penduduk Rusia. Baskhir dan Chechen adalah etnis Muslim terbesar kedua dengan jumlahnya yang mencapai 1 juta orang dari masing-masing.

Di Rusia ada lebih dari 7.000 masjid. Selama 30 tahun terakhir jumlah masjid semakin meningkat sebanyak 70 masjid. Pada September 2015, Presiden Rusia Vladimir Putin secara resmi membuka Masjid Katedral di ibu kota Rusia yang merupakan masjid terbesar di wilayah itu hingga Eropa.

(Sumber : Portal Kepresidenan Rusia / The Moscow Time.com/ en.kremlin.ru/ Eko Octa)

SHARE

KOMENTAR