Baguna DPP dan DPD PDIP Jabar Siapkan Dapur Umum dan Bantuan di Lokasi Korban Gempa Cianjur

35
Ketua Baguna PDI Perjuangan dr Ribka Tjipta Ning ke lokasi gempa

Aartreya.com – Partai besutan Megawati Soekarnoputri langsung turun membantu ke lokasi korban bencana gempa Cianjur. Selain DPP PDI Perjuangan yang menerjunkan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna), DPD PDI Perjuangan Jabar dikomandoi Ketuanya, Ono Surono juga turut kunjungi lokasi.

Di lokasi bencana, tim Baguna dari Pusat dan Baguna PDIP Jawa Barat mendirikan darpur umum, serta mengirimkan tim dokter dan membawa obat-obatan. Demikian disampaikan langsung oleh Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Jakarta, Selasa, (22/11/2022).

"Saat ini yang sudah di lokasi, untuk memberi bantuan dari Baguna DPP dan DPD PDI Perjuangan Jabar. Kemudian, Baguna Bandung Barat, Baguna Garut, dan Baguna Cianjur. Untuk dapur umum Baguna di kantor DPC PDI Perjuangan Cianjur, karena bisa menjangkau langsung dua lokasi," kata Sekjen DPP PDI Perjuangan melalui keterangan tertulis yang diterima redfaksi media online ini.

Baguna PDI Perjuangan, sebutnya, juga sedang mempertimbangkan untuk melibatkan Baguna PDI Perjuangan Jawa Tengah untuk turut membantu tugas-tugas kemanusiaan terhadap warga Cianjur yang terdampak gempa 5.6 skala ritcher yang terjadi Senin (21/11/2022).

"Kami masih menunggu laporan tim penanganan bencana, dari Baguna sudah cukup apa masih membutuhkan bantuan dari luar daerah," ungkap Hasto.

Ia meneruskan, laporan yang disampaikan Wakil Kepala Baguna PDI Perjuangan, Chaerul, disebutkan  banyak korban yang tidak mau dibawa ke rumah sakit dan menginginkan tim medis yang datang. Namun, situasi yang masih darurat, ditambah akses yang terhalang reruntuhan menyebabkan ambulance agak kesulitan masuk ke lokasi bencana.

"Berdasarkan laporan yang masuk, yang dibutuhkan di sana saat ini antara lain adalah pakaian dalam, pampers, dan pembalut wanita," ucap Hasto.

Sementara itu, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono juga turun ke lokasi bencana memberikan bantuan di 4 daerah paling terdampak. Yakni, Kampung Pangkalan RT. 02/06 desa Benjot Kecamatan Cugenang, Kampung Cicariang Rt 05 Rw 07 Desa Jambudipa Kecamatan Warung Kondang, Kampung Cijoho Desa Jamudipa Kecamatan Warungkondang dan Kampung Ciherang Panembong Desa Ciputri Kecamatan Pacet.

"Kami turut berduka atas bencana gempa yang terjadi. Hari ini kami mendistribusikan bantuan logistik diantaranya tenda pengungsi/terpal, makanan siap saji, pakaian siap pakai, obat-obatan, air mineral, mie instan, susu, pampers, pembalut dan selimut," kata Ono di Cianjur, Selasa (22/11/2022).

Selain bantuan logistik, PDI Perjuangan juga menyiagakan tenaga medis dan 30 unit mobil ambulan untuk membantu evakuasi penyintas. Beberapa sayap partai diantaranya Taruna Merah Putih (TMP), Banteng Muda Indonesia (BMI) dan Pospera terjun langsung ke lokasi gempa sebagai sukarelawan.

Masih tutur Ono, PDI Perjuangan juga mendirikan dapur umum di setiap posko yang dibangun untuk menyiapkan makanan siap konsumsi untuk warga.

"Untuk pendistribusian bantuan dipusatkan di Posko Pusat PDI Perjuangan yang berada di Kantor Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cianjur," kata Ono.

Hadir dalam kegiatan kemanusiaan tersebut, Ketua DPP Bidang Penanggulangan Bencana dr. Ribka Tjiptaning, Wakil Ketua DPD Bidang Ideologi dan Kaderisasi Tom Maskun dan Wakil Ketua Bidang Agama dan Kepercayaan Kepada Tuhan YME M. Jaenudin. (Eko Octa)

 

SHARE

KOMENTAR