KTT G20 Bali, Putin dan Zelenskyy Belum Pastikan Kehadiran

279

Aartreya.com- Kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, 15-16 November mendatang. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, bergantung situasi di negara masing-masing karena kedua negara saat ini tengah berperang.

Hal tersebut disampaikan Johnny seusai acara peletakan batu pertama Pusat Data Nasional di Jakarta, Rabu (9/11/2022). Ia menyebut sejumlah kepala negara telah memberikan konfirmasi kehadiran ke KTT G20.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa terdapat 17 kepala pemerintahan yang telah menyatakan akan hadir ke KTT G20. Mengenai Putin dan Zelenskyy, Jokowi mengaku telah menelepon mereka, tetapi belum mendapat kepastian.

"Kan sudah tahu Putin dan Zelenskyy sudah berkomunikasi dengan presiden kita. Mereka akan menentukan sesuai situasi di tempat masing-masing di saat nanti terakhir," kata Johnny, dinukil Kompas.com, pada Rabu (9/11/2022).

Zelenskyy sendiri sempat menyatakan bahwa pihaknya tidak akan hadir ke KTT G20 jika Vladimir Putin datang.

Sebelumnya, dikutip dari tempo.co, Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I Faik Fahmi mengaku belum mendengar kepastiah mengenai kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Namun, kata dia, tim kepresidenan mereka sudah mempersiapkan kebutuhan kedatangan kepala dan delegasi di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

“Kalau dari sisi persiapannya, mereka sudah mempersiapkan diri, tapi masalah hadir tidaknya, kita belum tahu. Tapi tim istilahnya tim advance mereka (Rusia) sudah datang ke sini,” ujar dia dalam acara RUMPI BUMN di Media Center Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, pada Senin, (7/10/2022).

Bahkan, kata Faik, delegasi Rusia bersiap mengirimkan sepuluh pesawat untuk melayani logistik dan kebutuhan-kebutuhan rombongan. Adapun sampai saat ini, AP I masih menunggu keputusan kedatangan Putin.

“Kita belum tahu, atau mungkin hadir tapi bukan presiden, kita enggak tahu. Tapi yang jelas mereka sudah melakukan persiapan. Sudah ada tim VVIP advance mereka,” tutur Faik.

Sebagai informasi, dilansir dari Kompas.tv, Presiden Jokowi menelepon pemimpin Ukraina Volodymyr Zelensky. Sebelumnya, Jokowi juga diketahui menelepon Pemimpin Rusia Vladimir Putin. Zelensky mengungkapkan beberapa isu yang dibahas oleh mereka adalah soal kejaminan pangan global.

Selain itu, keduanya juga membahas mengenai persiapan KTT G20 di Bali pada 15-16 November mendatang.

"Berbincang dengan Presiden Indonesia @jokowi. Kami membahas pentingnya melanjutkan Grain Initiative. Ukraina siap untuk terus menjadi penjamin ketahanan pangan global. Perhatian juga diberikan pada persiapan KTT #G20," kata Zelensky dalam cuian di Twitter

(Sumber : Kompas.com/Tempo.co/Kompas.tv)

SHARE

KOMENTAR