Tradisi Akhir Tahun, PDI Perjuangan Gelar Ziarah ke Makam Fatmawati dan Taufik Kiemas

276

Aartreya.com – Hari ini, Sabtu (31/12/2022) pagi, DPP PDI Perjuangan menggelar ziarah ke makam Fatmawati Soekarno dan HM Taufik Kiemas, di TPU Karet Bivak, Jakarta.  

Selain ziarah dan tahlil di makam Ibu Fatmawati, DPP PDI Perjuangan dan Bamusi juga melaksanakan ziarah di TMP Kalibata untuk memperingati 80 tahun kelahiran Alm. H.M. Taufiq Kiemas. Taufiq adalah Ketua MPR RI tahun 2009-2013, dan suami Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Sebagaimana diketahui, Fatmawati adalah Ibu Negara pendamping Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno. Ibunda Megawati Soekarnoputri ini juga berjasa dalam menjahit Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih yang dikibarkan pada 17 Agustus 1945.

Pantauan media online ini di lokasi, Wakil Ketua MPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah, Ketua Umum PP Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Hamka Haq, Sekretaris Umum PP Bamusi Nasyirul Falah Amru, Heri Kiemas, serta para kader banteng ikut hadiri ziarah.

"Setiap 31 Desember kita memperingati hari kelahiran tokoh bangsa dan senior PDI Perjuangan HM Taufiq Kiemas. Ini merupakan tradisi. Sekarang kita memperingati hari lahir Pak Taufiq Kiemas bersamaan dengan ziarah ke makam Ibu Fatmawati," kata Ahmad Basarah, di TPU Karet Bivak, Jakarta.

Berada didekat makam Ibu Fatmawati, ada makam keluarga Bung Karno, dan makam Bu Citro. Ia merupakan pengasuh Ibu Megawati sejak kecil yang dikebumikan bersama keluarga Bung Karno. Halitu merupakan tauladan, Bung Karno dan keluarganya sangat memuliakan rakyat kecil.

"Bung Karno juga saat kecil diasuh Sarinah, untuk memuliakan wong cilik, nama Sarinah dijadikan salah satu nama gedung di Jakarta. Kita diajari para tokoh bangsa untuk memuliakan wong cilik, dan semoga kita bisa meneruskan perjuangannya," imbuhnya.

Setelah rangkaian acara ziarah pada pagi hari, acara dilanjutkan dengan salat zuhur berjamaah di Masjid At-Taufiq, disusul santunan anak yatim dan santunan panti asuhan.

Selanjutnya, sekitar pukul 15.30 - 18.00 WIB, digelar Salat Asar berjamaah, pembacaan yasin, tahlil oleh Alhabib Novel bin Jindan dan ceramah disampaikan Prof. Dr. Nazaruddin Umar. Acara ditutup pukul 18.00 dengan Salat Magrib berjamaah dan makan malam. (Eko Octa)

 

SHARE

KOMENTAR