Waspada Pasca Lebaran Badan Bisa Jadi Lebar-an, ini Tips Sehat Ala Yanti Susanti

81
Yanti Susanti

Aartreya – Tak sedikit keluhan pasca Lebaran, pola makan yang terkontrol berdampak tubuh bertambah lebar-an, atau berat badan naik. Berlebaran memang merupakan momen paling dinanti untuk bersilaturahmi bersama keluarga dan kerabat. Berlebaran, bertemu kerabat di kampung halaman, tentunya tidak lepas dengan kebiasaan makan bersama. Nah, ini yang perlu diantispasi. Demikian disampaikan kader PDI Perjuangan, Yanti Susanti.

Wanita yang juga Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bogor membidangi pemuda dan olahraga ini berbagi tips menghindari kegemukan pasca Lebaran. Menurutnya, meningkatnya berat badan disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi. 

“Biasanya, saat berlebaran biasanya tidak lepas dari opor ayam, gulai rendang, dan ketupat serta masih banyak lagi. Konsumsi makanan berlemak, berkalori tinggi dan gula berlebihan berpotensi meningkatnya berat badan,” kata Yanti kepada pewarta melalui sambungan telepon, Selasa (9/4/2024).  

Ia berbagi tips, agar saat Lebaran idealnya mengkontrol porsi makan.

“Khususnya berlemak dalam sehari. Idealnya Batasi, atau hindari. Caranya, dapat mengonsumsi makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat. Dengan cara ini, dapat menghilangkan lemak di dalam tubuh dengan lebih cepat,” tukasnya.

Selain itu, penting juga menambahkan asam lemak esensial pada menu makan sehari-hari. Asam lemak ini sangat diperlukan untuk proses pembakaran lemak tubuh.

“Asam lemak esensial bisa ditemukan pada biji-bijian, kacang-kacangan. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah, selain membuat kenyang lebih lama, kandungan seratnya membantu mencegah terjadinya sembelit. Demikian. Dan, terakhir saya ucapkan selamat ber Lebaran bersama keluarga kepada para pembaca. Mohon maaf lahir dan batin,” tuntasnya. (Eko Okta)

SHARE

KOMENTAR