Lapak Blok F Dibongkar, PKL : Ini Namanya Kebijakan Miskinkan Pedagang Kecil Era Covid-19

609
Foto : Doc Bogteng

BOGOR – Petugas gabungan yang terdiri dari Satpol PP, TNI/Polri, DLH, dan Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) membongkar puluhan lapak PKL disepanjang Blok F Pasar Kebon Kembang, Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Kamis (21/01/2021).

Camat Bogor Tengah, Abdul Wahid saat diminta komentarnya mengatakan, penertiban PKL dilakukan tersebut untuk menata agar pasar lebih baik dan nyaman bagi pembeli, serta tidak kumuh.

“Hari ini kita sudah melakukan pembongkaran PKL di sekitar Blok F. Kurang lebih sekitar 50 hingga 60 PKL,” tukasnya kepada media online ini.  

Tim gabungan, selanjutnya juga akan melakukan penataan di depan blok B sampai ke Telkom. Camat Bogor Tengah ini mengharapkan kedepan kawasan ini akan menjadi pusat belanja yang ada di Bogor ini nyaman. Penertiban tersebut diharapkan mendatang para pedagang bisa masuk ke pasar karena sudah ada 700 kios yang disiapkan.

Menanggapi pembongkaran lapak pedagang tersebut, Guntur berjualan di lokasi yang sama menyesalkan kebijakan produk Pemkot Bogor yang dinilainya malah cenderung menyumbangkan kemiskinan bagi rakyat kecil.

“Sudah jelas ini situasi Covid-19, saat banyak orang susah cari duit, ini PKL yang merupakan pedagang kecil malah digusur. Kalau pun maunya Pemkot Bogor melalui PD Pasar Pakuan Jaya, PKL harus berjualan didalam pasar, itu pun harus bayar dengan DP Rp20 juta. Kebijakan Pemkot Bogor ini malah sepertinya ingin memiskinkan pedagang kecil. Kalau mau rasional, jangan ada pungutan, dan fasilitasi pedagang kecil,” geramnya. (Nesto)

SHARE

KOMENTAR