Bencana NTT, PDIP Kirim Baguna ke Lokasi Bencana

1206

JAKARTA – Melalui rilis yang diterima redaksi, PDI Perjuangan mendorong seluruh komponen bangsa bergotong royong dan membantu penanganan korban bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT). PDI Perjuangan sendiri saat ini telah mengirim Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) ke lokasi bencana.  Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto

"Tim Baguna DPP partai pagi ini terbang ke NTT untuk membantu penanganan bencana secara langsung bekerja sama dengan BNPB, dan Basarnas guna membantu rakyat terhadap penanganan tanggap darurat,” kata Sekjen DPP PDI Perjuangan pada Selasa (6/4/2021).

Hasto melanjutkan, meskipun di beberapa wilayah akses masuk masih sulit karena banyak pengurus partai yang rumahnya juga menjadi korban, namun beberapa dapur umum telah dibuat khususnya di Flores, Lembata, dan Alor.

“Skala prioritas PDI Perjuangan adalah membantu ibu-ibu dan anak-anak. Anggota dan kader partai di seluruh nusantara untuk bergotong royong dan membantu masyarakat NTT melalui struktur partai di wilayah tersebut,” lanjutnya.

Bencana yang terjadi di NTT, sambung Hasto, menunjukkan bagaimana anomali iklim telah terjadi. Wilayah Indonesia yang seharusnya bebas badai tropis karena posisinya di khatulistiwa, kini menghadapi bencana lingkungan hidup yang dampaknya cukup dahsyat.

“Atas anomali cuaca akibat perubahan iklim global tersebut, maka Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri menginstruksikan agar seluruh kader, khususnya para pimpinan partai, para kepala daerah, anggota legislatif partai untuk makin sadar terhadap iklim dan cuaca," katanya.

"Kepala daerah PDI Perjuangan juga diharapkan meningkatkan kesadaran terhadap perubahan iklim global, dan merancang kebijakan pembangunan yang benar-benar didasarkan pada pemahaman terhadap berbagai kemungkinan terjadinya bencana alam dan lingkungan hidup," kata Hasto. (Nesto)

SHARE

KOMENTAR