Forkompinda Gelar Deklarasi Damai Pemilu, Wakil PDI Perjuangan Kota Bogor Yanto : Sudah Senafas Partai Kami Nomor 3

198
Perwakilan parpol Kota Bogor saat hadiri Deklarasi Pemilu Damai 2024

Aartreya – Memasuki tahun politik, digelar Deklarasi Damai Pemilu 2024 digelar oleh jajaran Forkopimda Kota Bogor, Selasa (15/8/2023) di Aula Polresta Bogor Kota. Tujuannya, untuk mewujudkan Pemilu 2024 di Kota Bogor berjalan aman dan damai.

Pada pemilu 2024 ini, jumlah pemilih di Kota Bogor sebanyak 800.181 orang tersebar di 2.913 TPS dan  diperebutkan lebih dari seribu bacaleg diantaranya 833 caleg DPRD kota, 54 caleg DPRD Provinsi, 162 caleg DPR RI, 55 capeg DPD dan kemungkinan tiga pasang capres dan cawapres.

"Deklarasi damai hari ini adalah salah satu bentuk upaya kita untuk cipta kondisi agar mulai hari ini sampai hari H, semua pihak bisa menjaga kedamaian dan ketertiban," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor kepada media online ini.

Terdapat empat poin yang disepakati bersama oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bogor dan 17 partai politik peserta Pemilu 2024. Deklarasi damai Pemilu 2024 yang digagas Polresta Bogor Kota itu digelar di aula Mako Polresta Bogor Kota di Jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor pada Selasa (15/8/2023).

Adapun keempat poin deklarasi damai untuk Pemilu 2024 sebagai berikut.

Kami peserta pemilu tahun 2024 Kota Bogor dengan ini menyatakan:

Pertama, Akan melaksanakan Pemilu tahun 2024 yang damai dan kondusif untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat.

Kedua, Akan mematuhi dan mentaati segala bentuk peraturan dan ketentuan yang berlaku serta menyelesaikan permasalahan Pemilu tahun 2024 sesuai dengan koridor hukum.

Ketiga, Menolak upaya-upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat dan menghindari kegiatan yang bersifat provokatif, menghasut, ujaran kebencian serta tidak menggunakan isu sara dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2024.

Keempat, Akan menciptakan situasi dan kondisi tetap kondusif di wilayah hukum Polresta Bogor Kota.

Pada kesempatan itu, mewakili DPC PDI Perjuangan Kota Bogor, Ariyanto menyampaikan, pihaknya sebagai parpol dengan nomor urut 3 sangat mendukung Deklarasi Damai Pemilu 2024 di kota hujan.

“Kami, PDI Perjuangan Kota Bogor tentu sangat mendukung kesepakatan pemilu damai. Karena, nomor urut partai kami adalah 3, yang berarti ada pesan moral yang harus senafas dengan sila ketiga Pancasila yakni Persatuan Indonesia. Artinya, pemilu harus mengedepankan semangat persatuan,” tukas Wakil Sekretaris DPC PDI PErjuangan Kota Bogor, Ariyanto. (Eko Okta Ariyanto)   

SHARE

KOMENTAR