Cegah PMK, Puan Imbau Rebus Daging 30 Menit

346
Puan Maharani (Foto : Ist)

JAKARTA – Ucapan selamat hari Raya Idul Adha 1443 H disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani kepada masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam.

“Gema takbir mulai berkumandang, tak terasa kini tibalah saatnya kita untuk berbagi,” kata Puan dalam keterangannya, Minggu (10/7/2022).

Puan mengatakan, mensyukuri nikmat yang diberikan Sang Maha Kuasa bisa menjadi salah satu cara dalam memaknai Idul Adha. Selain itu, idul kurban juga momentum melatih keikhlasan.

“Jadikan Idul Adha sebagai momentum untuk melatih keikhlasan dan ketulusan dalam menjalankan perintah Allah SWT,” tuturnya.

“Dalam semangat berkurban, mari kita capai kerendahan hati dan kepedulian pada sesama,” imbuh mantan Menko PMK itu.

Ketua DPR RI Puan Maharani juga meminta masyarakat mewaspadai penyakit mulut dan kuku (PMK) yang banyak menjangkiti hewan ternak seperti sapi hingga kambing. Meski disebut-sebut PMK tidak membawa dampak kesehatan dari ternak ke manusia, masyarakat tentunya diminta melakukan antisipasi.

Sejauh ini, pemerintah memang telah melakukan antisipasi dengan pengecekan dan memastikan daging kurban bebas PMK. Namun demikian, ia meminta agar masyarakat tetap melakukan antisipasi.

“Upaya untuk memastikan hewan kurban yang dijual adalah hewan sehat sudah dilakukan. Meski begitu, masyarakat tetap harus waspada dengan merebus daging kurban minimal 30 menit saat dimasak. Ini untuk kebaikan bersama,” tukas Puan.

Melalui hal itu, Puan berharap seluruh jemaah haji nanti dapat pulang ke Indonesia dengan selamat dan dalam keadaan sehat.

“Ibadah haji tahun ini adalah yang pertama diikuti jemaah haji Indonesia setelah 2 tahun absen akibat pandemi COVID-19. Saya bersyukur jemaah haji Indonesia dapat menjalankan ibadah dengan lancar. InsyaAllah menjadi haji yang mabrur,” pungkasnya. (Nesto)

 

SHARE

KOMENTAR