Bangga Jadi Ketua Partai Rakyat Kecil, Megawati Serukan Millenial Miliki Jiwa Petarung

759
Megawati Soekarnoputri

Saat menjadi pembicara dalam webinar yang juga disiarkan YouTube Megawati Institute, Selasa (29/6/2021), Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memotivasi generasi muda agar memiliki jiwa petarung yang kuat agar bangsa juga menjadi kuat.   

"Sekarang Pak Jokowi bilang kalian masuk generasi milenial, saya pernah mengatakan kan di sebuah webinar, Pak Jokowi anak-anak milenial jangan terlalu dimanja, wah viralnya langsung," kata Megawati dalam acara Indonesia Muda Membaca Soekarno yang digelar Megawati Institute.

Mega juga menyampaikan kaum muda perlu memiliki fighting spirit.

"Saya merasa hidup kami zaman itu. Saya bilang saya lahir tahun 47, nah bayangkan saya mengalami sedikit-sedikit perjuangan menuju kemerdekaan. Jadi saya dapat merasakan. Satu, tolong diingat yang anak muda, siapa pun dia, harus punya fighting spirit, tanpa fighting spirit maka kita tidak bisa jadi bangsa yang besar," pesan Megawati.

Bung Karno pada masa Orde Baru, cerita Presiden RI Ke-5, karena persoalan politik pernah ingin ditiadakan dari sejarah bangsa. Namun, Bung Karno melalui ide dan pemikirannya, terus hidup di pelbagai zaman. Megawati juga mengajak milenial mempelajari ajaran Bung Karno.

Bung Karno didampingi Bung Hatta, sebutnya, terus berjuang agar Indonesia lepas dari penjajahan. Kedua tokoh itu pun akhirnya berhasil memproklamasikan kemerdekaan RI. Megawati tidak bisa membayangkan Indonesia seperti Palestina yang hingga saat ini belum merdeka.

"Tentu saja Bu Mega anaknya Bung Karno, lalu saya pernah dibilang begitu, masa saya mesti ngaku anaknya si Polan? saya memang putrinya Bung Karno tetapi saya juga pengikut pemikiran beliau, atau yang disebut ajaran-ajaran Bung Karno yang menurut saya sangat logic, realistis dan melewati zamannya. Jadi untuk tahu jati diri kalian sebetulnya gampang, jangan lupa sejarah bangsa," ujarnya.

"Coba kalian pikirkan sebuah negara, Palestina, hari ini belum menikmati kemerdekaannya. Nah, bisa dibayangkan tidak kalau kalian tinggal di Indonesia, ini adalah negeri kita, lalu tidak bisa merasakan rasa kemerdekaan itu. Makanya saya selalu kalau mau pidato, saya bilang merdeka, dan itu spontan," lanjutnya.

Ketum PDI Perjuangan ini juga menyerukan genrasi muda menggandeng rakyat-rakyat kecil agar bisa mandiri.

"Yang diutamakan dari anak negeri ini adalah fighting spirit. Supaya apa? Supaya kita dapat menolong rakyat Indonesia. Itu grassroot kita," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Megawati mengatakan kebangaanya menjadi Ketua Umum PDI Perjuangan yang menjadi partai rakyat.

"Saya katakan kepada mereka, saya sebagai ketua umum bangga partai saya hanya partai rakyat yang sandalnya sandal jepit," ucapnya. (Nesto) 

SHARE

KOMENTAR