Berikut Kata Mutiara Mandarin yang Membuat Makin Semangat dan Terus Menyengat

1406
ilustrasi

Kata mutiara merupakan karya sastra yang mana memiliki fungsi untuk memberikan motivasi-motivasi kepada seseorang, entah itu diri sendiri atau pun orang lain. Dirangkai sedemikian rupa, kata mutiara mampu menggetarkan hati seseorang itu untuk bersemangat dan bangkit dari keterpurukan.

Kata mutiara bisa dikatakan bak 'sihir sederhana' yang dapat membantu kita untuk memunculkan semangat dalam merealisasikan niat yang lama berhenti. Selain itu, energi – energi positif dalam diri kita pun akan senantiasa muncul sehingga tidak ada kata menyerah dalam diri orang yang telah mendengar kata-kata mutiara itu.

Keindahan kata-kata yang dirangkai dalam kata mutiara ini pun dapat menyejukkan hati siapa saja yang mendengarnya. Kata-kata bahasa Mandarin juga menyejukkan hati serta memunculkan semangat bagi pendengarnya. Berikut kumpulan kata mutiara dalam bahasa Mandarin:

 

学问渊博的人,懂了还要问; 学问浅薄的人,不懂也不问

Xué wèn yuān bó de rén, dÇ’ng le hái yào wèn; xué wèn qiÇŽn bó de rén, bù dÇ’ng yÄ› bù wèn

Orang-orang yang berpengetahuan tinggi adalah mereka yang mengerti dan masih bertanya, orang-orang yang berpengetahuan rendah  adalah mereka yang tidak mengerti dan tidak mau bertanya

一天不练手脚慢,两天不练丢一半,三天不练门外汉,四天不练瞪眼看

YÄ« tiān bù liàn shÇ’u jiÇŽo màn, liÇŽng tiān bù liàn diÅ« yÄ« bàn, sān tiān bù liàn mén wài hàn, sì tiān bù liàn dèngyÇŽn kàn

Satu hari tidak melatih akan menjadi lambat, Dua hari tidak melatih setengah ilmunya hilang. Tiga hari tidak melatih menjadi orang awam, Empat hari tidak melatih hanya melihat saja.

如果你花时间说服不爱你爱你是谁的人,你抓紧时间爱谁爱你的人。

RúguÇ’ nǐ huā shíjiān shuōfú bù ài nǐ ài nǐ shì shuí de rén, nǐ zhuājǐn shíjiān ài shuí ài nǐ de rén.

Jika kamu habiskan waktu yakinkan orang yang tak cintaimu untuk mencintaimu, kamu kehilangan waktu untuk dicintai orang yang mencintaimu.

有时候,你不懂得欣赏爱你,全心全意谁的人,直到,直到你失去它。当时,这是没用的,因为后悔也不用心碎一次。

YÇ’u shíhou, nǐ bù dÇ’ngde xÄ«nshÇŽng ài nǐ, quánxÄ«nquányì shuí de rén, zhídào, zhídào nǐ shÄ«qù tā. Dāngshí, zhè shì méi yòng de, yÄ«nwèi hòuhuǐ yÄ› bùyòngxÄ«n suì yÄ«cì.

Kadangkala kamu tidak menghargai orang yang mencintai kamu sepenuh hati, sehinggalah kamu kehilangannya. Pada saat itu, tiada guna sesalan karena perginya tanpa patah hati lagi.

生活在继续增长。如果我们停止生长,身体上和精神上,我们都与死者同

ShÄ“nghuó zài jìxù zÄ“ngzhÇŽng. RúguÇ’ wÇ’men tíngzhǐ shÄ“ngzhÇŽng, shÄ“ntǐ shàng hé jÄ«ngshén shàng, wÇ’men dōu yÇ” sǐzhÄ› tóng

Kehidupan terus berkembang. Jika kita berhenti berkembang, secara fisik dan mental, kita sama saja dengan orang mati

人老心不老,人穷志不穷

Rén lÇŽo xÄ«n bùlÇŽo, rén qióng zhì bù qióng

Orang yang berusia tua tetapi hatinya harus tetap muda, Orang yang miskin harta tidak boleh miskin semangat.

良药苦口利于病,忠言逆耳利于行

Liáng yào kÇ” kÇ’u lì yú bìng, zhōng yán nì’Ä›r lì yú xíng

Obat yang Pahit bermanfaat untuk kesehatan, Perkataan yang Setia menyakitkan telinga tetapi bermanfaat untuk kebaikan.

你爱一个人面部/面部,他的财富和地位,但心爱的他的善良和他的诚意,因为这一切之中,只是善良和真诚的他的心脏依然存在。

Nǐ ài yÄ«gè rén miànbù/miànbù, tā de cáifù hé dìwèi, dàn xÄ«n’ài de tā de shànliáng hé tā de chéngyì, yÄ«nwèi zhè yÄ«qiè zhÄ« zhōng, zhǐshì shànliáng hé zhÄ“nchéng de tā de xÄ«nzàng yÄ«rán cúnzài.

Janganlah kamu mencintai seseorang karena paras/wajahnya, hartanya dan jabatannya, tapi cintai karena kebaikan dan ketulusan hatinya karena di antara itu semua, hanya kebaikan dan ketulusan hatinya yang tetap abadi.

永远不要低估自己。如果你不满意你的生活,解决了什么问题,并保持步进。

YÇ’ngyuÇŽn bùyào dÄ«gÅ« zìjǐ. RúguÇ’ nǐ bù mÇŽnyì nǐ de shÄ“nghuó, jiÄ›juéle shénme wèntí, bìng bÇŽochí bù jìn.

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Jika kamu tidak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan teruslah melangkah.

当我们感到背叛和失望,祈祷有一天你不会背叛和失望,因为你也感到被背叛的痛苦和失望。

Dāng wÇ’men gÇŽndào bèipàn hé shÄ«wàng, qídÇŽo yÇ’u yÄ«tiān nǐ bù huì bèipàn hé shÄ«wàng, yÄ«nwèi nǐ yÄ› gÇŽndào bèi bèipàn de tòngkÇ” hé shÄ«wàng.

Ketika diri kita merasa telah dikhianati dan dikecewakan, berdoalah agar suatu saat kau tidak akan mengkhianati dan mengecewakan, karena kamu juga telah merasakan betapa sakitnya dikhianati dan dikecewakan.

人的一生,没有一味的苦,没有永远的痛;没有迈不过的坎,没有闯不过的关

Rén de yÄ« shÄ“ng, méi yÇ’u yÄ« wèi de kÇ”, méi yÇ’u yÇ’ng yuÇŽn de tòng; méi yÇ’u mài bù guò de kÇŽn, méi yÇ’u chuÇŽng bù guò de guān

Dalam Kehidupan manusia, tidak hanya ada rasa kepahitan, tidak ada kesakitan yang selama-lamanya; tidak ada lubang yang tidak bisa dilangkahi, tidak ada kesulitan yang tidak bisa dilewati

你若不想做,会找一个或无数个借口;你若想做,会想一个或无数个办法

Nǐ ruò bù xiÇŽng zuò, huì zhÇŽo yÄ« gè huò wú shù gè jiè kÇ’u; nǐ ruò xiÇŽng zuò, huì xiÇŽng yÄ« gè huò wú shù gè bàn fÇŽ

Jika kamu tidak ingin melakukannya, kamu akan mencari satu atau beberapa alasan; Jika kamu ingin melakukannya, kamu akan mencari satu atau beberapa caranya

一旦你做的事,不要怕失败,不要离开它。谁以诚工作的人是他们最快乐。

YÄ«dàn nǐ zuò de shì, bùyào pà shÄ«bài, bùyào líkāi tā. Shuí yǐ chéng gōngzuò de rén shì tāmen zuì kuàilè.

Sekali anda mengerjakan sesuatu, jangan takut gagal dan jangan tinggalkan itu. Orang-orang yang bekerja dengan ketulusan hati adalah mereka yang paling bahagia.

那里汲取知识是重要的,什么是不重要的,所以你会知道该怎么做,让你的生活变得专注

Nàlǐ jÄ«qÇ” zhÄ«shì shì zhòngyào de, shénme shì bù chóng yào de, suÇ’yǐ nǐ huì zhÄ«dào gāi zÄ›nme zuò, ràng nǐ de shÄ“nghuó biàn de zhuānzhù

Pelajarilah mana ilmu yang penting dan  mana yang tidak penting, Sehingga kamu akan mengetahui apa yang harus kamu kerjakan, sehingga hidup kamu menjadi terarah

侮辱,侮辱和他人的侮辱是一个粗略的宝贵意见,因为他们已经找到了你,告诉你,然后他们表示感谢。

WÇ”rÇ”, wÇ”rÇ” hé tārén de wÇ”rÇ” shì yÄ«gè cÅ«lüè de bÇŽoguì yìjiàn, yÄ«nwèi tāmen yǐjÄ«ng zhÇŽodàole nǐ, gàosu nǐ, ránhòu tāmen biÇŽoshì gÇŽnxiè.

Cacian, hinaan, dan makian dari orang lain merupakan sebuah nasihat kasar yang berharga, karena mereka telah menemukannya darimu dan mengatakannya, maka berterima kasihlah kepada mereka.

我永远不会离开你独自一人

WÇ’ yÇ’ngyuÇŽn bù huì líkāi nǐ dúzì yÄ«rén

Saya tidak akan pernah meninggalkanmu sendirian

我的目标是要成为火影

WÇ’ de mùbiāo shì yào chéngwéi huÇ’yǐng

Cita-cita saya adalah menjadi hokage

你真的爱我,真诚的心脏?

Nǐ zhÄ“n de ài wÇ’, zhÄ“nchéng de xÄ«nzàng?

Apakah kamu benar-benar mencintaiku setulus hatimu?

我们是兄弟,无论何时何地

WÇ’men shì xiōngdì, wúlùn hé shí hé de

Kita akan menjadi saudara, kapan pun dan dimanapun

千万不要忘记我,虽然我们现在是遥远,距离

Qiān wàn bùyào wàngjì wÇ’, suÄ«rán wÇ’men xiànzài shì yáoyuÇŽn, jùlí

Jangan pernah lupakan aku meskipun sekarang kita berjauh-jauhan

 

(Dari berbagai sumber/ Nesto)

SHARE

KOMENTAR