Ucok Duta Jokowi Bogor Raya Merasa Sukacita ikut Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina

130
Ribuan relawan Jokowi menyemut saat hadiri pernikahan Kaesang- Erina

Aartreya.com- Resepsi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono di Pura Mangkunegaran, Solo, pada Minggu (11/12) turut diramaikan relawan Presiden Jokowi. Ribuan para relawan yang saat itu memakai kaos berwarna putih bertuliskan "Kaesang-Erina, Misi Cinta Jokowi 3". Beberapa diantaranya mengenakan batik dan kebaya.  

Duta Jokowi Bogor Raya berkesempatan hadir mengikuti prosesi pernikahan putra Jokowi di Solo. Tiga hari sebelum pernikahan dihelat, Kamis (8/12/2022), mereka yakni NFR Nasution atau Ucok Nasution, Opi, Budi bersama  Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Yohanes Joko datang lebih dahulu. Karena, keluarga Joko memang bertempat tinggal di Solo.

“Kita menginap di kediaman Joko, di Solo. Sementara, relawan lain di penginapan Asrama Haji Donohudan dengan kapasitas 6.000 orang, Edutorium kapasitas 3.000 orang, dan cadangan di Terminal Tirtonadi kapasitas 1.250 orang. Total relawan yang hadir sebanyak 9.022 orang,” kata Ucok Nasution yang juga Ketua Duta Jokowi Bogor Raya kepada media online ini, Senin (12/12/2022).   

   

Saat hari pernikahan digelar, ribuan relawan datang ke lokasi acara tasyakuran di Puro Mangkunegaran, Solo dengan menggunakan 160 unit bus yang sudah disiapkan panitia pada pukul 06.30 WIB, Minggu (11/12/2022).

Ucok berujar, para relawan pun menggunakan pin seragam sebagai penanda undangan. Setiba di lokasi acara, ribuan relawan Jokowi tumpah ruah menyaksikan momen kirab kedua calon mempelai dan keluarga Jokowi lainnya.

Mereka menanti iring-iringan kereta kencana yang membawa mempelai dan keluarga besar, kedua pengantin memasuki gerbang Pura Mangkunegaran.

“Hampir semua relawan memperlihatkan ekspresi senang, sukacita meski harus berdesakan. Misi relawan bukan politik, tapi merasa Jokowi juga merupakan dari keluarganya. Itu yang melatarbelakangi relawan dating ke lokasi acara pernikahan Kaesang,” tutur Ucok.     

Tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina terdiri dari dua sesi, yakni pagi hingga siang dan sore hingga malam. Dalam sesi tasyakuran inilah, mempelai dan keluarga akan menyambut tamu undangan, baik dari kedua mempelai, besan, ataupun tamu kenegaraan.

Kaesang dan Erina menyiapkan becak dan andong demi menyemarakkan perayaan sekaligus untuk para tamu undangan. Resepsi pernikahan ini juga dimeriahkan dengan tembang dari grup karawitan ISI Surakarta.

Presiden Joko Widodo pun menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan sehingga seluruh proses pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dapat berjalan baik dan lancar.

"Kami sekeluarga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan sehingga semua proses, utamanya ijab kabul dan tasyakuran, bisa berjalan baik dan lancar," kata Presiden usai malam resepsi pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran Surakarta, Ahad (11/12/2022) malam.

Ia menjelaskan proses pernikahan dimulai dari pengajian, siraman, kirab, dan terakhir resepsi malam ini. Selain itu, Presiden juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya jika ada masyarakat yang kurang nyaman atas rangkaian prosesi pernikahan ini. (Eko Octa)

SHARE

KOMENTAR