Seknas Jokowi Kota Bogor Gelar Donor Darah

680
Seknas Jokowi Kota Bogor bentangkan spanduk organ mitra gelaran donor darah

KOTA BOGOR – Bertempat di halaman Ruko Brajamustika, Jalan Semeru, Kecamatan Bogor Barat, DPD Seknas Jokowi Kota Bogor bekerjasama dengan PMI, PDDI, Pemkot Bogor dan Aartreya.com menggelar aksi donor darah, Minggu (26/9/2021). Gelaran tersebut juga berkolaborasi dengan Repdem Kota Bogor, KSB, dan Wibera.

Kegiatan yang dibuka Camat Bogor Barat Abdurahman tersebu dihadiri anggota DPRD Kota Bogor dari Fraksi PDI Perjuangan Atty Somadikarya dan caretaker Seknas Jokowi, Ismarilda tersebut diikuti 60 orang pendonor.   

Kepada media online ini, Ismarilda, didampingi pengurus DPW Jabar Purnomo dan Ketua DPD Seknas Kota Bogor Dede Yunibngsih mengatakan, terhitung semenjak Covid-19 merebak, pendonor darah di banyak daerah diketahui menurun.

“Begitu informasi yang saya input. Akibatnya, stok darah mengalami penurunan yang sangat drastis karena banyak orang yang ragu untuk mendonorkan darahnya,” tukasnya.

Padahal, sambungnya, setiap rumah sakit sangat membutuhkan donor darah untuk dapat merawat pasien yang membutuhkan.

“Hal ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena penularan utama Covid-19 adalah melalui tetesan (droplet) batuk atau bersin dari seseorang yang terinfeksi. Melalui donor darah, banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh. Tak hanya mendapat manfaat kesehatan, donor darah dapat membantu persediaan rumah sakit untuk membantu pasien yang membutuhkannya,” ucapnya.

Sementara, Ketua DPD Seknas Jokowi Kota Bogor Dede Yuningsih meyakinkan, petugas pengambilan darah tidak akan lalai memastikan protokol kesehatan dan mengutamakan keselamatan donor.

“PMI telah mengeluarkan protokol pelaksanaan donor darah di masa pandemi Covid-19. Terdapat beberapa prosedur yang harus dijalani calon pendonor sebelum mendonorkan darahnya, seperti menjalani pengecekan suhu tubuh. Apabila suhu tubuh pendonor kurang dari 37,5 C, maka proses donor darah bisa dilanjutkan. Sebaliknya, jika suhu tubuh calon pendonor lebih dari 37,5 C, maka tidak diperbolehkan melakukan donor darah. Artinya, bagi mereka yang ingin mendonorkan darah di masa pandemi ini tak perlu kuatir,” ucapnya.

Sementara, sejawatnya, Purnomo menyampaikan, pada kegiatan donor darah yang diinisiasi oleh Seknas Jokowi Kota Bogor, disebutnya ada banyak orang yang ingin ikut menyumbangkan darah.

“Namun, kami batasi hanya 60 orang. Kegiatan donor darah yang digelar Seknas Jokowi dengan Aartreya.com dengan beberpa organ lain ini tak hanya satu kali ini. Rencananya, akan kita gelar berkala,setiap bulannya,” tuntasnya.

Sebagai informasi, beberapa pengurus Seknas Kota Bogor yang turut hadir selain Dede Yuningsih yakni Yusi Pratiwi, Rosidah, Gatot Rahmadi, Deni ,Taufik Hidayat, Anti Susanti hingga Majid Pesolima. (Wawan) 

SHARE

KOMENTAR