Catatan Pak E : Selamat Ultah Ibu Mega, Kami Tauladani Jalan Juang Politik Merawat Indonesia

81

Diah Permata Megawati Setiawati Soekarnoputri, atau umum dikenal sebagai Megawati Soekarnoputri. Nama Putri Proklamator RI Soekarno kelahiran Yogyakarta 23 Januari 1947 itu tentu tak asing lagi di dunia politik Indonesia.

Bukan tanpa sebab, fakta sejarah menyebutkan, melalui kepemimpinan Megawati sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan, telah banyak mencetak kader handal yang kini menduduki jabatan publik mulai dari daerah hingga nasional.

Salah satunya, Presiden RI Joko Widodo yang sebelumnya juga merupakan Pengurus PDI Perjuangan di DPC Solo, juga DPD Jawa Tengah.           

Perjalanan kiprah Megawati di dunia politik tak mudah. Dimulai dari era Orba semasa Soeharto berkuasa, banyak rintangan, tekanan, bahkan ancaman yang sudah dilewatinya sehingga kini membuatnya semakin matang di politik.

Di tangan Megawati juga lah, PDI Perjuangan sukses membuktikan sebagai mesin politik yang berbakti untuk negeri melalui pembumian spirit nilai-nilai Pancasila, hingga kebhinekaan sehingga semakin mampu mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa, Bung Karno. Dan, melalui kepemimpinan Ibu Megawati juga kadernya yang tersebar di seluruh pelosok daerah di Bumi Nusantara ini diajarkan tentang politik kebenaran, kekuatan mata hati dan senantiasa menangis berjuang tertawa bersama rakyat.

Sejarah menuliskan, pada awal kemunculannya, sempat dihadang pandangan sinis mempertanyakan kememimpinannya menahkodai partai. Namun, ternyata perjalanan waktu membuktikan Megawati mampu menjawab keraguan dengan langkah mantap politiknya.  

Ia, Megawati, tak hanya memiliki perjuangan dengan semangat yang terus menyengat tak beda dengan Sang Ayah, Bung Karno. Namun, Megawati juga mampu memposisikan, mesin politiknya menjadi sahabat rakyat kecil, melewati perjalanan waktu, dari tahun demi tahun.    

Ya, Megawati adalah perpaduan kelembutan seorang ibu dan semangat juang yang pantang menyerah menegakan ideology kebangsaan. Juga, terus hadir sebagai kawan juang rakyat. Hal itu dibuktikan dengan hasil pemilu belkangan ini, serta hasil survey demi survey, bahwa PDI Perjuangan terus menempati sebagai parpol pemenang.

Hari ini, Ibu Partai Wong Cilik ini berulang tahun ke-76. Megawati telah hadir untuk Indonesia Raya dengan memberi tauladan kepada kadernya untuk senantiasa merawat pertiwi melalui penghijauan serta pantang melupakan menangis, berjuang dan tertawa bersama rakyat.  

Selamat ulang tahun Ibu Megawati Soekarnoputri. Sungguh, kami semua mencintai dan menauladani perjalanan juangmu untuk Indonesia Raya. Sehat selalu ibu kami.

 

(Penulis : Aktivis 98 Eko Octa)  

SHARE

KOMENTAR