Ini Biodata Singkat Pengurus Baru DPP PDI Perjuangan yang Baru Dilantik

70
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat mengambil sumpah jajaran pengurus DPP PDI Perjuangan. Foto, doc DPP PDI Perjuangan.

Aartreya - Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membacakan susunan daftar pengurus PDI Perjuangan masa bakti 2019-2024 yang diperpanjang hingga 2025 di sekolah partai PDI Perjuangan, Jakarta, Jumat (5/7/2024). Nama Ganjar Pranowo hingga Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok masuk ke dalam daftar pengurus PDI Perjuangan.

Daftar pengurus DPP PDI Perjuangan ini ditandatangani langsung oleh Menkum HAM Yasonna Laoly. Setelah dibacakan oleh Hasto, Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri lantas membacakan janji sumpah jabatan yang diikuti oleh para pengurus. Setelahnya, para pengurus resmi dilantik oleh Megawati Soekarnoputri.

Berikut pengurus baru DPP PDI Perjuangan :

Deddy Yevri Hanteru Sitorus

Melansir dari laman resmi DPR RI, Deddy Yevri Hanteru Sitorus atau yang lebih akrab dengan sapaan Deddy Sitorus lahir di Pematang Siantar, Sumatera Utara pada 17 November 1970.

Deddy Sitorus merupakan Anggota Komisi VI DPR RI yang berasal dari Fraksi PDIP. Sebelumnya, Deddy pernah menempuh pendidikan S1 di Universitas Simalungun, Kota Pematang Siantar pada tahun 1996.

Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo seorang politisi mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode sejak 23 Agustus 2013-5 September 2023. Sebelumnya, ia merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi PDI Perjuangan periode 2004–2009 dan 2009–2013.

Ia juga sedang menjabat sebagai Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) selama dua periode, yaitu 2014–2019 dan 2019–2024; serta Ketua Umum Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia (Persada.id). Ganjar Pranowo resmi ditunjuk oleh PDI-Perjuangan sebagai calon Presiden dengan didampingi Mahfud MD sebagai calon wakil Presiden untuk maju pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024.

Ronny Berty Talapessy

Ronny Talapessy, pengacara berdarah Manado yang menjadi kuasa hukum Bharada E dalam kasus Ferdy Sambo, menarik diketahui. Namanya sering didengar di media sebagai pengacara Bharada Richard Eleizer Pudihan Lumiu alias Bharada E.

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Pria kelahiran Manggar, Belitung Timur, 29 Juni 1966 menyelesaikan pendidikan SD hingga SMP di Belitung. Lalu, melanjutkan studinya di jurusan Teknik Geologi, Falkultas Teknik Universitas Trisakti, dan berhasil mendapatkan gelar insinyur tahun 1990.

Pada tahun 2004 terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Belitung hingga tahun 2009. Tahun 2005, ia maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) sebagai calon Bupati Kabupaten Belitung Timur dan berhasil mengantongi suara 37.19 persen bersama pasangannya Khairul Effendi, B.Sc periode 2005-2010.

Sayangnya, jabatan tersebut tidak bertahan lama. Pada 22 Desember 2006 Basuki resmi menyerahkan jabatannya kepada wakilnya. Ia memilih berheni karena mau maju Pemilihan Gubernur Bangka Belitung tahun 2007. Dalam pencalonannya itu, presiden RI keempat K.H Abdurrahman Wahid (Gus Dur) mendukung Ahok menjadi Gubernur Bangka Belitung.

Namun, ia kalah oleh rivalnya Eko Maulana Ali dari Golkar. Karier politiknya tidak terhenti sampai di sana, pada 2009 ia mencalonkan diri menjadi anggota DPR RI  dan berhasil meraup 119.232 suara dan duduk di komisi II DPR.

Karier politiknya semakin menanjak. Pada tahun 2012, mencalonkan diri sebagai calon wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Joko Widodo sebagai calon gubernur DKI. Pasangan yang diusung oleh PDI Perjuangan dan Gerindra ini berhasil mengalahkan empat pasangan lainnya .

Kariernya terus melesat, dua tahun menjadi wakil, dia langsung menjadi gubernur pada usia 48 tahun menggantikan Joko Widodo yang terpilih menjadi presiden dalam Pilpres 2014. Pada masa akhir jabatannya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bersama Saiful Hidayat Djarot maju di Pilgub DKI 2017.

Tri Rismaharini

Tri Rismaharini atau yang akrab disapa Bu Risma (lahir 20 November 1961) adalah Menteri Sosial Republik Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju yang mulai menjabat sejak 23 Desember 2020. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Wali Kota Surabaya pada 28 September 2010 hingga 28 September 2015 dan 17 Februari 2016 hingga 23 Desember 2020.

Risma adalah wanita pertama yang terpilih sebagai Wali Kota Surabaya sepanjang sejarah. Risma juga tercatat sebagai wanita pertama yang dipilih langsung menjadi wali kota melalui pemilihan kepala daerah sepanjang sejarah demokrasi Indonesia di era reformasi dan merupakan kepala daerah perempuan pertama di Indonesia yang berulang kali masuk dalam daftar pemimpin terbaik dunia.

I Gusti Ayu Bintang Darmawati

I Gusti Ayu Bintang Darmawati juga dikenal sebagai Bintang Puspayoga (lahir 24 November 1968) ialah Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia dalam Kabinet Indonesia Maju. Beliau ialah isteri kepada Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. Bintang Puspayoga ialah wanita Bali dan Hindu pertama yang terpilih sebagai menteri.

Sri Rahayu

Sri Rahayu (lahir 03 Desember 1960) adalah anggota DPR RI periode 2009-2014 dari PDI Perjuangan mewakili Jawa Timur khususnya wilayah Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu. Sri Rahayu bertugas di Komisi IX yang menangani Kementerian Kesehatan Indonesia, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Indonesia, Asuransi Kesehatan Indonesia dan Jamsostek.

Sebelumnya, Sri Rahayu menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Malang 1999-2004, Anggota DPRD Kota Malang 2004-2009 dan pengurus Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia. Sri Rahayu turut terlibat dalam pembahasan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

I Made Urip

I Made Urip (lahir 31 Desember 1959) adalah seorang politikus Indonesia yang menjabat sebagai anggota DPR-RI pada periode 1999–2004, 2004–2009, 2009–2014, 2014–2019, dan 2019–2024. Pada periode kelima ini, ia mewakili daerah pemilihan Bali. Urip merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Saat ini, ia duduk di Komisi IV.

Zuhairi Misrawi

Zuhairi Misrawi (lahir 5 Februari 1977[1]) adalah politikus dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan aktivis Nahdlatul Ulama. Namanya dikenal karena dipilih Presiden Joko Widodo sebagai Duta Besar RI untuk Tunisia sejak 2021.

Zuhairi menyelesaikan pendidikan sarjananya di Departemen Akidah-Filsafat, Fakultas Ushuluddin, Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir (1995-2000). Sepulang dari Kairo, ia langsung aktif di Lembaga Kajian dan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) sebagai Koordinator Kajian dan Penelitian pada 2000-2002. Saat ini ia menjabat sebagai direktur Moderate Muslim Society dan ketua PP Baitul Muslimin.

Esti Wijayanti

Esti Wijayati adalah anggota DPR-RI dari fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Beliau terpilih menjadi anggota DPR-RI melalui daerah pemilihan (dapil) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Esti duduk di kursi jabatan Komisi X DPR-RI. Komisi ini bergerak di bidang Pendidikan, Kebudayaan, Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Pemuda, Olahraga, dan Perpustakaan.

Ia merupakan anggota Forum Pengawal Pancasila. Di dalam PDI Perjuangan, ia memiliki jabatan sebagai pelaksana tugas (plt) Ketua DPC PDIP Gunung Kidul. Selain itu di dalam DPD PDI Perjuangan DIY beliau memegang jabatan sebagai Wakil Ketua Bidang Politik.

Adian Yunus Yusak Napitupulu

Adian Yunus Yusak Napitupulu, S.H. (lahir 9 Januari 1971) adalah seorang politikus dan mantan aktivis 98 Forum Kota (Forkot) yang kerap berunjuk rasa semasa era Soeharto berkuasa hingga lengser. Saat ini menjabat sebagai anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan mewakili daerah pemilihan Jawa Barat V sejak tahun 2014.

Pada tahun 1996, Adian mendirikan posko Pemuda Mahasiswa Pro Megawati sebagai satu-satunya organisasi non partai yang menggalang dukungan kepada Megawati Soekarno Putri dimana pada saat terjadi penyerbuan kantor DPP PDI pada tanggal 27 Juli 1996, Adian menggalang perlawanan dari organisasi kampus dan luar kampus yang dipimpinnya.

Usai tumbangnya Orde Baru, Adian terus terlibat dalam berbagai gerakan serta aktivitas yang pro rakyat. Pada tahun 2009, Adian mendirikan organisasi Bendera (Benteng Demokrasi Rakyat). Bendera dikenal sebagai organisasi yang melakukan protes dan mogok makan sebagai bentuk solidaritas atas nasib kaum buruh pada tahun 2012.

Letnan Jenderal TNI (Purn.) Ganip Warsito

Letnan Jenderal TNI (Purn.) Ganip Warsito, S.E., M.M. (lahir 23 November 1963) adalah seorang perwira Tinggi purnawirawan TNI-AD Yang Sekarang menjabat sebagai Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Kerja Sama Lembaga .Ganip, lulusan Akmil 1986 ini berpengalaman dalam bidang infanteri (Kopassus). Jabatan terakhir jenderal bintang tiga ini di kesatuan adalah Kasum TNI.

Andi Widjajanto

Andi Widjajanto (lahir 3 September 1971) adalah seorang pengamat pertahanan, politikus, dan mantan akademisi Indonesia yang menjabat Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional dari tahun 2022 hingga 2023. Ia juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Kabinet sejak 3 November 2014 hingga 12 Agustus 2015. Sebelumnya ia aktif sebagai Deputi Tim Transisi menjelang terbentuknya Kabinet Kerja.

Bonnie Triyatna

Bonnie Triyana, S.S. (lahir 27 Juni 1979) adalah seorang sejarawan, politikus PDI Perjuangan dan kurator museum berkebangsaan Indonesia.[1] Saat ini, ia menjadi pemimpin redaksi majalah sejarah popular pertama di Indonesia, Majalah Historia. Ia menyelesaikan sarjana dari jurusan sejarah Universitas Diponegoro, Semarang (2003). Ia sempat mengenyam kuliah pascasarjana sejarah di Universitas Indonesia pada 2005.

Bonnie juga ikut menggagas Museum Multatuli di Rangkasbitung, Banten dan terlibat dalam menyelamatkan gedung Sarekat Islam di Semarang.

Berikut ini daftar lengkap pengurus DPP PDI Perjuangan:

Ketua Umum: Megawati Soekarnoputri

Ketua Bidang Kehormatan Partai: Komarudin Watubun

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Legislatif: Bambang Wuryanto

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Eksekutif: Deddy Yervi Hanteru Sitorus

Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi: Djarot Syaiful Hidayat

Ketua Bidang Keanggotaan dan Organisasi: Sukur H Nababan

Ketua Bidang Sumber Daya: Said Abdullah

Pemerintahan

Ketua Bidang Politik: Puan Maharani

Ketua Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah: Ganjar Pranowo

Ketua Bidang Luar Negeri: Ahmad Basarah

Ketua Bidang Hukum, HAM, dan Advokasi Rakyat: Yasonna Laoly

Ketua Bidang Reformasi Sistem Hukum Nasional: Ronny Berty Talapessy

Ketua Bidang Perekonomian: Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Ketua Bidang Kebudayaan: Rano Karno

Kerakyatan

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana: Tri Rismaharini

Ketua Bidang Industri dan Tenaga Kerja: Nusyirwan Soejono

Ketua Bidang Kesejatan: Ribka Tjiptaning P

Ketua Bidang Jaminan Sosial: Sri Rahayu

Ketua Bidang Perempuan dan Anak: I Gustu Ayu Bintang Darmawati

Ketua Bidang Koperasi dan UMKM: I Made Urip

Ketua Bidang Pariwisata: Wiryanti Sukamdani

Ketua Bidang Pemudan dan Olahraga: Eriko Sotarduga

Ketua Bidang Keagamaan dan Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa: Zuhairi Misrawi

Ketua Bidang Ekonomi Kreatif dan Ekonomi Digital: Prananda Prabowo

Ketua Bidang Pangan dan Pertanian: Mindo Sianipar

Ketua Bidang Kelautan dan Perikanan: Rokhmin Dahuri

Ketua Bidang Kehutanan dan Lingkungan Hidup: Esti Wijayanti

Sekretaris Jenderal: Hasto Kristiyanto

Wakil Sekjen Bidang Internal: Utut Adiyanto

Wakil Sekjen Bidang Pemerintahan: Arif Wibowo

Wakil Sekjen Bidang Kerakyatan: Sadarestuwati

Wakil Sekjen Bidang Komunikasi: Adian Yunus Yusak Napitupulu

Wakil Sekjen Bidang Kesekretariatan: Aryo Adhi Dharmo

Bendahara Umum: Olly Dondokambey

Wakil Bendahara Bidang Internal: Rudianto Tjen

Wakil Bendahara Bidang Eksternal: Yuke Yurike

Kepala Badan

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Pusat Letjen TNI Purn Ganip Warsito

Kepala Badan Riset dan Analisis Kebijakan Pusat Partai Andi Widjajanto

Kepala Badan Sejarah Indonesia Bonnie Triyatna

Kepala Badan Saksi Pusat Nasional Hendra Gunawan

(*Eko Okta)

SHARE

KOMENTAR