Bacagub Jabar Mirip Jhon Wick, Ono Surono Diyakini Bakal Sukses Bangun Jabar

35
Ono Surono

Aartreya – Dukungan bakal calon gubernur (bacagub) Jawa Barat, Ono Surono terus menggelinding bak bola salju. Legislator DPR RI yang kini terpilih menjadi anggota DPRD Jabar pada Pemilu 2024 dan sukses meraih suara tertinggi di Dapil XII (Kota/Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Indramayu) sebanyak 152.373 suara ini, terus menuai support dari warga di sejumlah daerah, di Jawa Barat.

Hasil survei simulasi top of mind dari Indikator Politik Indonesia pada awal Juli, nama Ono Surono juga terus berkibar. Dia menempati peringkat keempat, dibawah Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi, dan Alfiansyah (Komeng).

Bahkan, baru-baru ini, pada Jumat (4/7/2024), Ketua Koordinator Jaringan Gondrong (Jargon) Bogor Raya, Muhammad Rofiq Fitriansyach bersama Jaringan Gondrong Bogor Raya di Cibinong mendeklarasikan dukungannya dihadiri beberapa mahasiswa. Serta, menobatkannya sebagai Panglima Gondrong sebagai simbol semangat keberanian dan kebersamaan dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Reka Listiana

Sementara, di Kota Bogor, dukungan kepada pria yang mengusung tagline Jabar Bangkit ini juga bak jamur di musim hujan. Warga Pasir Kuda, Reka Listiana optimis Ono Surono bakal menjadi lawan tangguh pesaingnya dan diyakini bakal sukses memimpin Jabar karena memiliki kemiripan dengan Jhon Wick yang diperankan aktor popular Keanu Reeves.     

“Dimulai dari postur, hingga rambutnya, Ono Surono mirip Keanu Reeves yang memerankan Jhon Wick. Saya sendiri, bangga dengan Ono Surono. Kenapa? Karena, dia melepas pilihannya menjadi anggota DPR kembali di Pileg 2024 dan memilih jadi anggota DPRD Jabar. Selain itu, ia juga nantinya akan rela melepaskan jabatan sebagai anggota DPRD Jabar, maju sebagai Bacagub Jabar, demi sejahterakan rakyat,” kata Reka Listiana yang juga Ketua Ranting Pasir Kuda kepada media online ini, Selasa (9/7/2024).        

   

Herdyansah bersama para pengurus PAC Bogor Barat PDI Perjuangan dan Ranting Semplak

Pernyataan Reka Listiana juga dikuatkan Ketua PAC Bogor Barat, Herdyansyah. Disela kegiatan roadshow ngeliwet bersama ranting di Kelurahan Semplak, bersama sejawatnya Umar Sanusi dan Ipeh, Herdy meyakini, jika Ono Surono terpilih sebagai Gubernur Jabar, Pembangunan akan berpihak pada rakyat kecil.

“Ono Surono, memiliki pengalaman panjang yang teruji sebagai pimpinan PDI Perjuangan Jabar. Dekat dengan lintas kalangan, juga wong cilik. Kami yakin, Ono Surono yang lahir dan tumbuh kembang dari perjalanan perjuangan rakyat, akan total mengabdi untuk masyarakat kecil. Dimulai dari pendidikan hingga kesejahteraan,” tandas Ketua PAC Bogor Barat PDI Perjuagan Kota Bogor, Herdyansah.

Biodata Singkat Ono Surono

Lantas siapa Ono Surono? Mengutip pikiran-rakyat.com, Ono adalah anak dari H. Mustakim, petinggi PDI di Indramayu pada masanya. Politisi yang kerap disebut mirip Jhon Wick ini merupakan lulusan Universitas Trisaksti, Jakarta. Ia terpilih mewakili daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat VIII.

Sejak tahun 2014, Ono menjabat sebagai anggota Komisi IV DPR RI yang membawahi bidang pertanian, lingkungan hidup, kehutanan, dan kelautan. Di Pileg 2014, Ono pernah dijuluki pendorak suara Indramayu dan Cirebon (Dapil Jawa Barat 8) lantaran memperoleh 72.608 suara. Sementara di Pileg 2019, caleg petahana itu mengoleksi 102.985 suara.

Sebelumnya, Ono adalah tokoh nelayan Pantura. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Koperasi Perikanan Laut Mina Sumitra, koperasi perikanan terbesar di Jawa Barat dari segi produksi ikan lautnya. Bahkan, Ono tercatat pernah memimpin aksi nelayan yang mendesak pembatalan pencabutan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) pada Februari 2014 silam.

Sebelum menjabat sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono memulai kariernya di partai tersebut dari bawah. Pada tahun 1998, Ono pernah menjadi pengurus partai tingkat kecamatan, yakni sebagai Wakil Bendahara Pengurus Anak Cabang PDI. Ketika partai tersebut berubah menjadi PDI Perjuangan pun, Ono tetap konsisten menjadi pengurus partai hingga kini diangkat menjadi ketua tingkat provinsi. (Eko Okta)

 

SHARE

KOMENTAR