Baguna PDIP Kota Bogor ikuti Diklat SAR di Cibubur

537
Tim Baguna PDI Perjuangan Kota Bogor saat ikuti kegiatan Diklat SAR

CIBUBUR - Guna menciptakan tim SAR yang handal, Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Pusat PDI Perjuangan menggelar Diklat SAR. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta, Minggu (19/12/2021).

Diklat SAR ini diikuti oleh ratusan relawan Baguna PDI Perjuangan, diantaranya dari Kota Bogor. Mereka yakni, Juli, Poppy Amelia, M. Irfan Noor, Ahmad Rifai, Ajat Sudrajat, Rahmat Heryana, Jajang Atmaja, dan Deni Siregar.

Wakil Ketua Baguna PDI Perjuangan Kota Bogor, Ahmad Rifai mengatakan, ada beberapa hal yang diajarkan dalam pelatihan itu.

“Materi pelatihan yang diajarkan seperti medical responder dan water rescue, yang terdiri dari penyelerenggaraan SAR, management penanggulangan bencana, kompetensi dasar SAR, penetapan di bidang meteorologi dan geofisika, teori dan praktik,” tukasnya kepada media online ini.  

Dilanjutnya Rifa, pemberi materi pelatihannya pun bukan sembarangan, melainkan tenaga yang memiliki keahlian di bidangnya. Dia berujar, maksud dan tujuan dari pelaksanaan Diklat SAR bagi relawan Baguna adalah untuk mencetak relawan yang handal dalam penanggulangan dan penanganan bencana.

“Sasaran dari pelatihan ini adalah terbentuknya kemampuan potensi SAR bagi Baguna PDI Perjuangan, salah satunya Baguna PDI Perjuangan Kota Bogor agar handal, cepat, dan aman dalam pencarian dan pertolongan,” ungkapnya.

Sebagai informasi, diklat ini adalah yang dilakukan untuk ke sekian kalinya dan merupakan kerjasama atau MoU PDI Perjuangan dengan Basarnas. Sebelumnya Baguna PDI Perjuangan juga telah melatih ratusan personil Potensi SAR Baguna PDI Perjuangan dari sejumlah daerah. (Nesto) 

SHARE

KOMENTAR